HOT TOPIC

Sampah Menumpuk, DLH Berharap Kesadaran Masayarakat Membuang Sampah Tepat Waktu

Dibaca: 9178 kali  Senin,09 Januari 2017 | 16:48:56 WIB
Sampah Menumpuk, DLH Berharap Kesadaran Masayarakat Membuang Sampah Tepat Waktu Ket Foto : sampah di salah satu ruas jalanan di pekanbaru

Riauaktual.com - Tampaknya persoalan sampah hingga kini belum terselesaikan. Ironisnya, penumpukan masih terus terlihat disetiap pinggir jalan-jalan protokol yang ada di Pekanbaru.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekanbaru, Zulfikri, mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan pengangkutan sampah-sampah yang menumpuk.

"Tadi malam usai dari sholat Magrib saya bersama tim sudah turun untuk melakukan penyisiran keseluruh tempat tumpukan sampah yang ada di kota Pekanbaru. Direncanakan seluruh sampah yang ada akan segera kita angkat. Seperti di pinggir jalan Teropong, Jalan Soekarno Hatta dan beberapa ruas lainnya," ujarnya ketika ditemui, Senin (9/1) di Kantor Walikota.

Menurut Zulfikri, banyaknya sampah berserakan disebabkan kebiasaan masyarakat yang tidak tertib saat membuang sampah pada tempat dan waktunya.

"Jika masyarakat disiplin, saya yakin tidak ada lagi terjadinya tumpukan sampah. Sebenarnya pemerintah sudah berupaya semaksimal mungkin menyelesaikan persoalan sampah ini. Namun, jika masyarakat tidak peduli dengan kebersihan kota Pekanbaru maka tetap saja sampah berserakan. Kebersihan Kota ini tidak hanya tanggung jawab Pemerintah saja, tetapi tanggung jawab kita bersama," paparnya.

Zulfikri juga mengimbau kepada seluruh Camat, Lurah, RW dan RT untuk mengintruksikan seluruh warga agar membuang sampah pada tempat dan waktunya. Yakni di TPS terdekat pada pukul 18.00 WIB hingga 06.00 WIB. Sehingga pada saat petugas datang, maka sampah akan terangkut semua.

"Jika masyarakat tepat waktu membuang sampah. Maka tidak akan ada lagi tumpukan sampah disiang hari," yakinnya.

Zulfikri menambahkan, dua atau tiga tahun yang lalu Pekanbaru bisa bersih dari tumpukan sampah. Ini menandakan, jika persoalan sampah bisa diselesaikan.

"Bisa kita bandingkan, tahun 2014 atau 2015, kenapa sampah bisa bersih namun 2016 ini bisa begini. Intinya kita harus bekerja sama untuk menyelesaikan seluruh persoalan sampah yang ada kota Pekanbaru," pungkasnya. (YAN)


Akses RiauAktual.Com Via Mobile m.riauaktual.com

TULIS KOMENTAR

comments powered by Disqus
shadow