ilustrasi

BI siapkan langkah untuk antisipasi risiko inflasi

Minggu,08 Januari 2017 - 12:25:52 WIB | Di Baca : 8348 Kali

Riauaktual.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung menyiapkan beberapa langkah yang diperlukan untuk mengantisipasi masih besarnya risiko inflasi ke depan.

"Diperlukan langkah-langkah untuk menjaga inflasi yang stabil dan terkendali," kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Lampung Arief Hartawan, di Bandarlampung, seperti dikutip Antara, hari ini.

Langkah-langkah itu, menurutnya, pertama, memastikan dan menjaga ketersediaan pasokan bahan kebutuhan pokok dalam jumlah yang memadai, tersedia pada saat dibutuhkan dan dalam kualitas dan jenis serta harga yang terjangkau oleh masyarakat.

Kedua, membuka jalur distribusi dan memperkuat kerjasama antar daerah terutama bagi daerah sentra produksi dan daerah defisit produksi di Provinsi Lampung.

Kemudian, ketiga mewaspadai dan berusaha meminimalkan dampak inflasi yang disebabkan oleh kenaikan harga BBM dan gas dengan menjamin ketersediaan pasokan gas yang ada di masyarakat.

Selanjutnya, menurut Arief, keempat segera mengambil tindakan untuk mengantisipasi dan terus menjaga 4K (ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, keterjangkauan harga, dan komunikasi kepada masyarakat), seperti operasi pasar bila diperlukan.

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com