Sejumlah Personel Pemadam Kebakaran Berbaris Mengenakan Masker Medis (internet)

Keterampilan penting bagi penjinak sijago merah

Kamis,05 Januari 2017 - 18:06:56 WIB | Di Baca : 7668 Kali

Riauaktual.com - Pentingnya keterampilan bagi personil penjinak sijago merah. Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Pekanbaru berupaya memberikan pelatihan dan ketangkasan untuk seluruh personil yang ada.

Sekretaris Dinas Damkar Hermanto Yasin di Pekanbaru, Kamis (5/1), mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah berupaya memberikan pelatihan dan ketangkasan untuk seluruh personel. Baik personil lama maupun 30 personil tambahan dari Sekretariat Pemko Pekanbaru.

"Pelatihan semacam ini sangat penting dan akan terus dilaku. Mengingat tugas yang diemban para personil Damkar ini sangat penting. Disamping menyelamatkan orang lain, mereka juga harus bisa menyelamatkan diri sendiri saat menghadapi sijago merah," ujarnya.

Menurut Hermanto, pelatihan semacam ini tidak hanya dilakukan pada lingkup instansi saja. Dimana, Damkar akan mengutus anggotanya keluar guna mempertajam dan memperdalam kemampuan dalam melaksanakan tugas.

"Pelatihan yang diberikan itu, mulai dari cara menggunakan alat, menghadapi api serta bagaimana cara menyelamatkan orang dan diri sendiri. Hal inilah yang perlu dipahami oleh para personel," sebutnya.

Hermanto menambahkan, jika ada dibuka pelatihan di luar daerah. Maka pihaknya akan mengirim beberapa personel akan untuk mengikutinya. Bahkan para personil juga akan mendapatkan sertifikat dari pelatihan tersebut sebagai petugas pemadam.

"Mereka yang sudah pernah diikutsertakan pelatihan di tingkat pusat dan sudah disertifikasi. Jumlahnya memang belum banyak, tetap sudah ada yang disertifikasi. Disamping itu, tentu harus didukung dengan anggaran juga" imbuhnya. (YAN)

Share Tweet Google +
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Berita TerkaitIndex