pilkada langsung

Panwaslu katakan belum terima laporan pelanggaran kampanye oleh masing-masing calon

Selasa,03 Januari 2017 - 13:42:11 WIB | Di Baca : 8440 Kali

Riauaktual.com  - Hingga saat ini Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pekanbaru belum menemukan pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh pasangan calon peserta pilkada.

"Insyaallah semua relatif baik, aman dan minim dari pelanggaran. Tentunya ini berkat keberhasilan kita semua dalam melakukan upaya pencegahan Dan tidak membiarkan adanya potensi-potensi pelanggaran tersebut," ucap Ketua Panwaslu Kota Pekanbaru, Indra Khalid Nasution, kepada wartawan, Selasa (03/01).

Indra Khalid juga mengatakan, saat ini pihaknya di Panswaslu tengah melalukan perekrutmen pengawas TPS. Yang mana nantinya difungsikan untuk menjaga keamanan dan melakukan pengawasan di setiap TPS yang ada.

"Perekrutan sedang berlangsung oleh Paswascam, nanti setelah terpilih mereka akan diberi pelatihan juga untuk mengawasi jalannya pilkada," tuturnya.

Sementara, ketika disinggung terkait adanya temuan atau laporan pelanggaran Pilkada yang diterima oleh Panwaslu sejak tahapan dimulai, Indra Khalid mengatakan, sedikitnya lebih kurang 7 laporan pelanggaran sejak awal tahapan Pilkada dilakukan.

"Kalau laporan yang masuk dan berdasarkan temuan kita, lebih kurang ada 7 pelanggaran, itu sejak awal hingga saat ini, baik itu soal verifikasi aktual di Pekanbaru Kota, dan dari KPU ada dua laporan, yaitu terkait soal kesehatan salah satu pasangan calon kemaren, kemudian ada foto-foto ASN, namun secara signifikan pelanggaran belum ada," jelasnya.

Dia menghimbau kepada setiap pasangan calon dan tim pemenangan, tetap menjaga keamanan dan ketertiban dalam proses demokrasi yang sedang berjalan saat ini.

"Kita harapkan situasi terkendali dan bisa terjaga sampai dengan Pilkada pada hari H berlangsung nantinya. Tapi, kita minta masyarakat jangan ragu untuk melaporkan kepada panwascam atau panwaslu jika ditemukan pelanggaran dalam Pilkada," pungkasnya. (DWI)

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com