Jelang pilkada, DPRD minta kejelasan data perekaman KTP elektronik

Jelang pilkada, DPRD minta kejelasan data perekaman KTP elektronik
wakil ketua dprd pekanbaru jhon romi sinaga

Riauaktual.com - Wakil ketua DPRD Pekanbaru Jhon Romi Sinaga berharap Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru bisa menjelaskan secara terbuka data warga dan jumlah kepala keluarga (KK) yang sudah merampungkan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el). Mengingat KTP-el merupakan salah satu syarat warga untuk bisa ikut serta melakukan pencoblosan saat Pilkada serentak februari 2017.

"Saat ini banyak terjadi kebingungan ditengah masyarakat, karena satu wilayah di Pekanbaru yakni kecamatan Tenayan dan Sail pada tahun ini jumlah penduduknya tiba-tiba meningkat tajam, menjelang Pilkada. Padahal kalau dinilai secara logika tidak masuk akal, dari jumlah anggota legislatif saja di DPRD, Tenayan dan Sail hanya 7 kursi, sementara Kecamatan Tampan dan Payung Sekaki 12 kursi. Jadi kita minta Disdukcapil menyampaikan kepublik kenapa ini bisa terjadi," ungkap Romi kepada wartawan, Selasa (03/01).

Romi juga menyentil banyak warga yang sudah mengurus KTP elektronik tapi tidak ada kejelasan kapan akan siapnya. Yang lebih menyedihkan, warga tidak diberi bukti keterangan sudah mengurus dan hanya dibilang pihak kecamatan akan dihubungi kalau sudah beres.

"Jangan seperti ini, KTP elektronik kan merupakan syarat untuk bisa mencoblos. Kasi dong bukti-buktinya kalau sudah mengurus. Kita tidak mau keterlambatan penyelesayan justru dimanfaatkan calon-calon tertentu untuk meraup keuntungan," cetusnya.

Disamping itu Romi juga menghimbau kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pekanbaru untuk lebih mensosialisasikan perhelatan Pilkada Pekanbaru, termasuk juga persyaratan sebagai pemilih.

"Harus jelas persyaratannya disampaikan kepada warga, tidak bisa hanya sebatas disampaikan di media. Saat ini aksi nyata dengan melibatkan Rt dan Rw sangat diperlukan," tuturnya.

Sebagaiman diketahui beberapa waktu lalu KPU Kota Pekanbaru, menghapus 1492 jumlah pemilih yang ada di Kecamatan Tampan dalam Pilkada Pekanbaru 2017. Penghapusan itu, dilakukan saat KPU menggelar rapat pleno terbuka, beberapa waktu lalu.

Komisioner Divisi Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat KPU Pekanbaru, Abdul Razak JER, beralasan, meskipun memiliki penduduk paling padat, Kecamatan Tampan, disebutkannya, Tampan masih banyak yang memiliki Nomor Kartu Keluarga (MKK) yang tidak berdomisli di Kota Pekanbaru.

Dijelaskannya, keputusan yang dilakukan KPU Pekanbaru, dilakukan dengan alasan 10 item, sehingga banyak dilakukan perbaikan dan ditemukan ada penambahan dan pengurangan pemilih.

"Ada penduduk yang meninggal dunia, penduduk ganda, pindah domisili, bukan penduduk setempat, hak pilih dicabut, anggota Polri dan TNI. Ada 10 item sehingga kita melakukan perbaikan," ujarnya.

Berikut Hasil Pleno Rekapitulasi DPT se Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu.

No. Kecamatan.                       DPT         TPS
1. Kec. Bukit Raya                    57.651.      176
2. Kec. Limapuluh.                  26.500.       97
3. Kec. Marpoyan damai.        73.954.      256
4. Kec. Payung sekaki.             58.761.      181
5. Kec. Pekanbaru kota           15.113.       55
6. Kec. Rumbai.                        39.677.      125
7. Kec. Rumbai pesisir             45.341.      152
8. Kec. Sail.                                 17.519.       47
9. Kec. Senapelan.                    21.765.       89
10. Kec. Suka jadi.                     27.892.       99
11. Kec. Tampan.                        90.927.      286
12. Kec. Tenayan Raya.              96.929.      233

 

Laporan : DWI
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index