HOT TOPIC

Pemda Kuansing Harus Perbaiki dan Tingkatkan Sarana Wisata

Dibaca: 6938 kali  Senin,02 Januari 2017 | 19:13:29 WIB
Pemda Kuansing Harus Perbaiki dan Tingkatkan Sarana Wisata Ket Foto : Danau Mesjid Koto Kari yang terletak di Kecamatan Kuantan Tengah ini ramai dikunjungi oleh masyarakat Kuansing maupun luar Kuansing.

TELUK KUANTAN (RA) - Kabupaten Kuansing merupakan kabupaten baru mekar, namun daerah ini kaya dengan sumber daya alam termasuk sumber daya wisatanya. Untuk itu agar warga masyarakat Kuansing tidak banyak yang berlibur ke luar Kuansing maka perlu dilakukan upaya perbaikan semua obyek wisata yang ada. termasuk insprastruktur perhotelahnya.

Hal tersebut disampaikan Ketua LSM Peduli Kuansing Ilyas belum lama ini di Teluk Kuantan. Dikatakannya, untuk mengurangi jumlah warga keluar dan menyerap daya tarik wisata ke Kuansing, maka perlu dibangun sarana prasarana wisata dengan baik.

"Sebenarnya Kuansing ini punya banyak obyek wisata baik wisata alam wisata sejarah maupun wisata budaya. Namun hingga kini pemerintah terkesan tidak serius untuk mengurusi kekayaan obyek wisata tersebut," katanya.

Berdasarkana data wisata yang ada di Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kuansing, ada beberapa obyek wisata baik wisata alam, sejarah dan budaya yang tak kalah bila dibandingkan dengan daerah lainnya. Air Terjun Guruh Gemurai Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, sekitar 23 km dari Kota Teluk Kuantan. Air Terjun Tujuh Tingkat di kawasan hutan lebat bukit di Desa Lubuk Ambacang, sekitar 37 Km dari Teluk Kuantan.

Kemudian Air Terjun Guruh Gemurai Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, sekitar 23 km dari Kota Teluk Kuantan. Air Terjun Tujuh Tingkat di kawasan hutan lebat bukit di Desa Lubuk Ambacang, sekitar 37 Km dari Teluk Kuant

Danau Masjid Koto Kari Kecamatan Kuantan Tengah, sekitar 3 km dari Kota Teluk Kuantan melalui jalan provinsi ke arah Sumatera Barat. Danau Rawang Udang, di tepian jalan di Desa Talontam Benai, Kecamatan Benai, sekitar 13 km atau 20 menit dari Kota Teluk Kuanta. Wisata Koto Sentajo, Kecamatan Sentajo Raya hanya sekitar 5 Km dari Teluk Kuantan. Kemudian, Hutan Kota Pulau Bungin yang berada di Kota Teluk Kuantan. Danau Kebun Nopi Kecamatan Kuantan Mudik yang pernah dijadikan gelanggang olahraga cabang dayung pada Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2012 lalu.

Semenatar kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kuansing, Marwan, S. Pd, MM, menjelaskan saat ini telah terdata beberapa obyek wisata baik wisata alam sejarah dan budaya, namun semua itu memerlukan anggaran biaya yang sangat besar. Sementara kondisi keuangan daerah tidak mampu membangun secara maksimal.

Tetapi lanjut Marwan, dengan kemampuan keuangan daerah yang kurang, Pemkab tetap membangun lokasi-lokasi yang amat starategis dan sangat vital. (am)


Akses RiauAktual.Com Via Mobile m.riauaktual.com

TULIS KOMENTAR

comments powered by Disqus
BERITA TERKINI
shadow