Ilustrasi Pesta Tahun Baru di Indonesia. (Foto: Kabari News)

Negara Paling Pertama dan Terakhir yang Rayakan Tahun Baru 2017

Minggu,01 Januari 2017 - 07:01:40 WIB | Di Baca : 9267 Kali

Riauaktual.com - Tanggal 31 Desember 2016 sudah berakhir. Berdasarkan keterangan yang tercantum dalam situs Time and Date, ada 39 waktu berbeda untuk merayakan tahun baru di seluruh penjuru dunia.

Agar setiap kota dan negara di muka Bumi ini sukses menyambut tahun baru secara menyeluruh, setidaknya butuh waktu 26 jam. Lebih lanjut, berikut ulasan yang dilansir dari Okezone negara pertama dan terakhir di dunia yang akan disambangi pergantian tahun 2017.

- Negara Pertama

Ada tiga negara di dunia yang akan merayakan Tahun Baru 2017 paling pertama. Jika mengambil patokan zona waktu Indonesia bagian barat, maka Tonga, Kiribati dan Samoa akan menjejakkan kaki menuju perhitungan tanggal baru pada Sabtu 31 Desember pukul 17.00 WIBi.

Kota pertama yang akan merayakan Tahun Baru 2017 di antaranya, Kiritimati atau Christmas Island, sebuah atol di utara Kepulauan Line di Samudera Pasifik dan bagian dari Republik Kiribati.

Bersamaan dengan Apia yang merupakan Ibu Kota Samoa, negara kepulauan di Samudera Pasifik (Oseania) bagian selatan. Negara ini terdiri dari dua pulau utama dan tujuh pulau kecil. Sementara di Tonga, ada ibu kota Nukualofa dan Neiafu yang akan menjadi kota pertama di dunia yang merasakan angin segar 1 Januari 2017.

- Negara-Negara Lain

Selang 15 menit, Kepulauan Chatham di Selandia Baru dan Selandia Baru pada pukul 18.00, menjadi negara kedua dan ketiga yang akan menyambut Tahun Baru 2017. Diikuti kemudian oleh negara-negara kecil di Rusia, Australia dan Kepulauan Solomon, Jepang, Korea Selatan, Australia bagian barat, Korea Utara, juga China, Filipina, Singapura dan Hong Kong.

Baru Indonesia, di mulai dari bagian paling timur di Papua hingga ke barat, di Pulau Sumatera. Termasuk ibu kota DKI Jakarta. Selanjutnya Minggu 1 Januari 2017 'touch down' di Myanmar, Cocos Islands, Bangladesh dan Kazakhstan, Nepal, India dan Sri Lanka, Pakistan, Afghanistan, Azerbaijan, Iran, Rusia dan Turki, Yunani, Jerman dan negara-negara Eropa lain, juga Inggris.

Ketika tanda waktu di Indonesia bagian barat menunjukkan pukul 08.00, Tahun Baru 2017 baru mendatangi Afrika. Di mulai dari Cabo Verde atau Tanjung Verde, negara paling barat Benua Afrika. Letaknya dekat dengan Senegal dan beribukota di Praia. Presidennya saat ini adalah Jorge Carlos Fonseca. Negara yang bahasa resminya Portugis ini merupakan negara yang miskin sumber daya alam, rawan kekeringan dan sedikit sekali lahan gembur. Meski begitu, negara ini memiliki stabilitas politik dan ekonomi yang baik.

- Negara Terakhir

Setelah melewati Cape Verde, pergantian tahun akan dikecap oleh segenap masyarakat di Benua Amerika. Bermula dari Brasil sampai ke bagian-bagian terkecil di kawasan Amerika Serikat.

Dan negara terakhir yang akan menutup perayaan Tahun Baru 2017 adalah negara-negara di kepulauan terpencil Amerika Serikat. Yakni Baker Island dan Howland Island. Ketika jam di kedua pulau ini berdentang menunjukkan pukul 00.00, di Jakarta sudah pukul 19.00 WIB.

Share Tweet Google +
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Berita TerkaitIndex