ilustrasi

Penghulu Diminta Maklumi Kondisi Ril Keuangan Daerah

Kamis,29 Desember 2016 - 17:26:48 WIB | Di Baca : 10372 Kali

SIAK (RA) - Banyaknya program pembangunan yang telah diajukan pada APBD yang tidak bisa terealisasikan lewat dana APBD 2016, harus direalisasikan melalui sentuhan pembangunan menggunakan dana ADD yang ada. Hal ini membuat kondisi keuangan daerah mengalami defisit.

"Dengan kondisi keuangan Daerah yang serba sulit tersebut tentunya harus kita sikapi dan sesuaikan dengan kekuatan anggaran yang ada di kas daerah," kata Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi pada kegiatan gelar pengawas Daerah Kabupaten Siak Tahun 2016 ang diikuti oleh sejumlah perangkat Daerah dan penghulu kampung di Gedung Mahratu Siak, Kamis (29/12).

Menurut Bupati, persoalan pembangunan terhadap Daerah ini sudah barang tentu menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah. Akan tetapi pasca belum membaiknya kondisi keuangan menuju secara global yang berdampak terhadap sumber keuangan Daerah.

Untuk bisa menyesuaikan antara anggaran yang ada harus ditata oleh Pemerintah Daerah sedemikian rupa dengan pola membangun   yang tepat sasaran. Walaupun belum sepenuh yang diajukan oleh masing-masing kampung, setidaknya sudah ada yang terealisasi.

Oleh sebab itu lah kepada setiap penghulu kampung dalam meningkat roda pembangunan supaya tidak sepenuhnya mengharapkan pembangunan dari alokasi dana APBD saja, akan tetapi harus dipenuhi dengan program dana ADD sebagai solusinya.

"Untuk itu, saya minta kepada penghulu kampung supaya dapat menyampaikan kepada masayarakat terhadap kondisi keuangan Daerah yang sebenarnya, supaya masyarakat dapat memakluminya. Karena yang berkembang dilapangan informasi yang ada kebanyakannya hanya menyalahkan Pemerintah Daerah saja, tanpa mengetahui persoalan yang sebenarnya," pungkas Syamsuar. (jas)

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com