Sekdako Dumai Kukuhkan Forikan Kota Dumai

Sekdako Dumai Kukuhkan Forikan Kota Dumai
Sekretaris Daerah Kota Dumai Dr H Said Mustafa, MSi memberi pengarahan dalam kegiatan pengukuhan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan)

DUMAI (RA) - Guna mendukung program pemerintah dalam mendorong peningkatan konsumsi ikan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat, Pemerintah Kota (Pemko) Dumai membentuk Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Nasional tingkat Kota Dumai. Secara resmi kepengurusannya telah dikukuhkan oleh Sekdako Dumai di gedung Pendopo Sri Bunga Tanjung Jalan Putri Tujuh Dumai Timur, Rabu (28/12) kemarin.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Dumai, Dr H Said Mustafa MSi dalam arahannya mengatakan, berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan pada tanggal 20 September nomor 29 Tahun 2006, organisasi Forikan merupakan suatu wadah yang dibentuk dengan tujuan untuk menyatupadukan gerak dan langkah semua unsur terkait (Stakeholders) dalam rangka mendorong peningkatan konsumsi ikan nasional.

"Sebagai salah satu sumber protein hewani, ikan yang terdiri dari aneka species mengandung omega 3 tertinggi dan gizi yang sangat lengkap, selain itu, telah dibuktikan dengan berbagai penelitian antara lain bahwa ikan yang berkualitas akan meningkatkan kecerdasan, meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh serta mengandung energi positif yang tinggi untuk mencegah stress dan depresi, dalam arti kata banyak manfaat konsumsi makan ikan," ujarnya.

Pemerintah Kota Dumai menyambut baik terbentuknya Forikan di Kota Dumai, dan meletakkan beban tugas yang berat dalam pundak seluruh pengurusnya. "Semoga dengan terbentuknya Forikan ini, diharapkan konsumsi ikan masyarakat di Kota Dumai meningkat," harap Sekdako.

Sebelumnya Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kota Dumai Ir. H. Syafizal, M.Sc menyampaikan bahwa, tujuan pembentukan Forikan Kota Dumai adalah untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat. Perbaikan gizi melalui konsumsi ikan akan berdampak langsung kepada perbaikan kualitas sumberdaya manusia dan sekaligus peningkatan ekonomi para pihak yang terlibat.

"Beberapa kegiatan dalam Forikan antaranya, Merumuskan bentuk-bentuk komunikasi edukatif kepada masyarakat tentang kandungan gizi ikan dan manfaat mengkonsumsi ikan, cara memilih, menangani dan mengolah ikan yang benar. Menjadikan ikan sebagai sumber protein utama dalam menu makan keluarga. Dengan memanfaatkan semua potensi untuk berpartisipasi aktif dalam gerakan peningkatan konsumsi ikan, serta meningkatkan posisi politis ikan Kota Dumai khususnya," jelasnya.

Sementara Ketua Forikan Kota Dumai yang dikukuhkan Hj. Haslinar Zulkifli AS mengatakan, peran dan tanggungjawab yang diberikan tidak akan berjalan dengan baik tanpa ada dukungan dari pihak-pihak yang terlibat, kemudian penting juga adanya respon stakeholders terkait agar tujuan dapat tercapai.

"Forikan Kota Dumai tetap berupaya keras dan siap membantu mewujudkan program pemerintah dalam pembangunan sumberdaya manusia berkualitas khususnya di Kota Dumai melalui gerakan makan ikan," katanya.

Haslinar Zulkifli menambahkan, bahwa Kota Dumai telah meraih juara 1 (satu) lomba masak serba ikan tingkat propinsi dan kedepan menjadi perwakilan ketingkat nasional.

Pada kesempatan itu, selain mengukuhkan pengurus Forikan tingkat Kota Dumai, Said Mustafa juga melantik pengurus Forikan tingkat kecamatan se Kota Dumai sebagai perpanjangan tangan ditingkat kecamatan. (rel/hms)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index