ilustrasi

Ingin Lebih Hemat di 2017, Ini Caranya

Kamis,29 Desember 2016 - 00:16:19 WIB | Di Baca : 8166 Kali

EKONOMI (RA) -  Tahun 2016 segera berakhir dalam hitungan hari. Sebentar lagi kalender berganti menjadi 2017. Apa yang sudah Anda siapkan untuk menyambut tahun baru dari sisi keuangan?

Bila berhemat menjadi salah satu resolusi Anda tahun depan, Anda perlu menyimak strategi penting berikut ini dari Halomoney.com.

1. Biaya makan

Urusan perut sebenarnya tidak boleh menurunkan kualitas makanan kita, demi menjaga kesehatan tubuh. Tapi, makan yang sehat bukan berarti harus mahal. Trik ampuh untuk mengurangi pengeluaran pos makanan adalah dengan mengurangi frekuensi makan di luar rumah.

Memasaklah sendiri untuk kebutuhan makan keluarga. Bila Anda masih lajang, membawa bekal makan siang atau berlangganan katering yang murah tetapi bersih, bisa menghemat uang jajan. Di Jabodetabek masih ada katering seharga Rp20.000 per porsi.

Meski demikian, memasak sendiri biasanya jauh lebih hemat. Dalam sebulan, uang penghematan dari biaya makan ini cukup signifikan loh, hingga sebesar 50 persen dari pada Anda membeli makan di kantin.

2. Biaya listrik

Biaya listrik rumah tangga acap kali memakan anggaran cukup besar. Cara penghematannya, batasi penggunaan mesin cuci dan setrika menjadi dua kali dalam sepekan. Dua alat elektronik itu menyedot konsumsi listrik paling besar. Bila beruntung, Anda bisa menemukan jasa binatu yang bersih dan murah untuk mengurus pakaian Anda.

Kurangi pemakaian alat elektronik seperti mesin pendingin udara atau dispenser. Keduanya menyedot listrik yang tidak sedikit. Setel timer di AC sehingga AC hanya menyala beberapa jam saja dalam sehari. Maksimalkan kulkas untuk kebutuhan air dingin.

3. Biaya transportasi

Harga minyak dunia diprediksi bakal naik tahun depan. Sedikit banyak, hal itu akan berimbas pada harga bahan bakar minyak (BBM) di sini. Pilihan hemat transportasi adalah sepeda motor, kendaraan umum seperti commuter line (KRL), TransJakarta, atau bus, bisa menjadi pilihan lebih hemat. Mana yang lebih praktis mengantar Anda beraktivitas, Anda bisa menimbangnya sendiri.

4. Optimalkan aset kurang produktif

Anda punya mobil yang lebih banyak nangkring di garasi? Mobil hanya terpakai saat akhir pekan. Mungkin tahun depan Anda bisa memulai mengkapitalisasi mobil Anda dengan bergabung dengan aplikasi transportasi online. Syukur-syukur, pendapatan dari menyewakan mobil tersebut dapat menutup beban cicilan atau menambal biaya transportasi Anda sehari-hari.

5. Efisiensi tenaga asisten rumah tangga

Saat ini sudah banyak pilihan jasa bersih-bersih atau beberes yang tersedia lewat aplikasi-aplikasi online. Anda tidak perlu lagi menggaji asisten rumah tangga full time yang memakan biaya besar. Cukup memakai jasa asisten online seperlunya saja, misalkan sepekan tiga kali atau dua kali.

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com