ilustrasi

Alat Incinerator RSUD Rohul Difungsikan Awal Tahun Depan

Selasa,27 Desember 2016 - 18:07:11 WIB Di Baca : 8516 Kali

PASIR PENGARAYAN (RA) - Alat pemusnah limbah medis (Incinerator) sistem semi Robotik berkapasitas 1 kubik siap difungsikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) pada awal Januari 2017 mendatang.

"Kapasitas bakar limbah medis 1 kubik, tapi dalam sehari bisa 3 kubik dibakar," kata Direktur RSUD Rohul, dr. Muhammd Yakub melalui Kabid Humas Minarli SP, Selasa (26/12).

Disampaikannya, RSUD Rohul siap menampung limbah medis klinik maupun Rumah Sakit (RS) yang beroperasi di Rohul maupun di Kabupaten tetangga, karena pemusnahan limbah medis itu salah satu syarat mendirikan suatu klinik ataupun RS, agar tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan.

"Kita sudah MoU dengan puskesmas se-Rohul untuk melayani pemusnahan limbah medis," ungkapnya.

Ditambahkannya, Incinerator RSUD Rohul bersumber dari bantuan pemerintah provinsi Riau senilai Rp1,2 miliar dan untuk biaya yang diterapkan RSUD Rohul untuk pemusnahan limbah medis kepada klinik ataupun RS, sesuai dengan Perda Rohul senilai Rp70 Ribu per kg.

"Incinerator ini higienis, Kita tidak perlu menuangkan ke tempat pembuangan, ada alat khusus yang akan menuangkan ke tempat pemusnahan, jadi aman bagi petugas limbah,"tutupnya. (mcr)

Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com