ilustrasi

Terobosan Baru Dishubkominfo Pekanbaru, Layani Masyarakat Lewat Smartphone

Selasa,27 Desember 2016 - 14:55:36 WIB Di Baca : 9829 Kali

PEKANBARU (RA) -  Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Pekanbaru melakukan terobosan baru membuat program layanan informasi bernama "Info Dishub PKU" lewat aplikasi smartphone.

"Aplikasi ini dibuat di smartphone, dengan tiga layanan yang bisa langsung dinikmati masyarakat, mulai dari layanan Dishub hingga melaporkan persoalan yang terjadi di lingkungan," kata Kepala Bidang Kominfo Pekanbaru Maisisco, di Pekanbaru, Selasa, seperti dikutip dari antarariau.

Maisisco menyatakan aplikasi ini bertujuan untuk percepatan Pekanbaru menuju kota pintar (smart city) dan juga mempermudah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta ikut aktif sapu bersih pungutan liar (saber pungli),

Maisisco menjelaskan, "Info Dishub PKU" adalah aplikasi layanan masyarakat yang terdiri dari tiga komponen utama, yaitu berisikan peta resmi TMP, serta panduan rute perjalanannya.

Dalam komponen ini, diharapkan masyarakat dapat mengetahui peta dan rute-rute perjalanan Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP), dan melihat di halte mana mereka harus transit jika ingin pindah rute.

Kemudian komponen kedua berisikan informasi seputar prosedur pengurusan uji berkala kendaraan bermotor, mengenai jadwal keberangkatan pada Terminal Bandar Raya Payung Sekaki, dan mengetahui waktu keberangkatan pada Pelabuhan Sei Duku.

"Ini semua masalah pelayanan di bidang perhubungan, bisa dicek di komponen informasi," katanya lagi.

Sedangkan untuk komponen ketiga berisikan form untuk melakukan pelaporan terkait terdapat kerusakan fasilitas lalu lintas, jika terjadi pelanggaran dalam perparkiran, ada travel (travel liar), dan keluhan dalam pelayanan Bus TMP.

"Diharapkan dalam komponen ini masyarakat dapat ikut serta memberikan kontribusi untuk perkembangan dan kemajuan Kota Pekanbaru dengan melakukan pelaporan," katanya pula.

Maisisco menambahkan, pihaknya memastikan setiap laporan yang masuk akan langsung diterima dan ditindaklanjuti oleh tim terkait dari Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru.

Ia menerangkan guna mendapatkan aplikasi ini masyarakat hanya perlu menginstal programnya di smartphone. Caranya adalah lewat playstore dan ketik: "Info Dishub PKU".

Selanjutnya, saat proses menginstal berhasil, maka akan muncul tiga menu pilihan untuk bisa dilihat langsung, seperti soal trayek Bus TMP, informasi tentang Dishub, menu lapor ketika ada persoalan di lingkungan Dishub setempat.

"Yang bisa menggunakan aplikasi ini hanya masyarakat yang punya handphone android. Program ini sudah menyebar, mudah-mudahan bisa membantu masyarakat," katanya pula.

Dia menegaskan bahwa anggaran membuat aplikasi ini tidak mahal dan sudah dianggarkan sebelumnya.

"Hanya sekitar Rp30 juta, tapi manfaatnya cukup besar. Semua tentang perhubungan bisa dilihat dalam aplikasi itu," katanya pula.

Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com