Wako Pekanbaru: Jepang Lirik Pendidikan dan Limbah Pekanbaru

Wako Pekanbaru: Jepang Lirik Pendidikan dan Limbah Pekanbaru
Walikota Pekanbaru Firdaus MT

PEKANBARU (RA)- Pekanbaru  Jumat(10/11) mendapatkan kunjungan dari  Pemerintah Jepang. Kedatangan Perwakilan Negara Jepang ini di dampingi oleh penasehat kedutaan Jepang untuk Indonesia, juga anggota DPR RI asal Riau.

Tujuan kunjungan ini  untuk melakukan penawaran kerjasama dengan Pemerintah kota (Pemko) Pekanbaru.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT, di dampingi stafnya dan para wartawan yang bertugas peliputan di Kantor Walikota menyambut kehadiran tamu kenegaraan ini di ruangan rapat Kantor Walikota.

Dari paparan pertemuan tergambar pemerintah Jepang berminat terhadap pola pendidikan dan pembangunan infrastruktur serta penanganan pengelolaan air bersih khususnya air limbah di Pekanbaru.

Penasehat kedutaan Jepang mister Mitamayama Kawata mengatakan sebelum melakukan pertemuan dengan walikota pihaknya sudah peninjauan kebeberapa pesantren yang ada di Kota Pekanbaru yang rencananya akan dibantu oleh Pemerintah Jepang.

"Selain bidang pendidikan, pemerintah Jepang juga tertarik dalam membantu penanganan pembangunan  infrastruktur, pengolahan air bersih dan air limbah diwilayah ini," ujarnya.

Ditempat yang sama Wali kota Pekanbaru Firdaus MT kepada waratawan menyebutkan, menyambut baik rencana pemerintah Jepang dalam menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota(Pemko) Pekanbaru.

Pasalnya banyak bentuk kerjasama yang bisa dilakukan dengan pemko dalam mewujudkan rencana ini. Bisa  dengan bantuan dana berupa stimulus bagi usaha yang nilainya  dibawah satu milyar rupiah.

"Jadi kedepan banyak bentuk kerjasama yang bisa di lakukan lagi diantara pemko terutama dibidang pendidikan seperti  program pertukaran mahasiswa dan pelajar sehingga dapat menambah wawasan para generasi muda". Terangnya.

Firdaus menambahkan, dengan adanya kerjasama ini diharapkan akan dapat terwujud dan memberikan manfaat bagi kedua negara khususnya untuk kota pekanbaru.(RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index