HOT TOPIC

RTH Kaca Mayang Launching Akhir Tahun ini, Ini Keterangan Ciptada

Dibaca: 10262 kali  Kamis,22 Desember 2016 | 17:34:47 WIB
RTH Kaca Mayang Launching Akhir Tahun ini, Ini Keterangan Ciptada Ket Foto : internet

PEKANBARU (RA) - Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air rencananya akan meluncurkan Ruang Terbuka Hijau Kaca Mayang di Jalan Sudirman Pekanbaru pada akhir tahun atau saat perayaan tahun baru 2017.

"Pengerjaannya sudah 96 persen, tinggal buka seng saja. Pohon-pohonnya juga sudah diperlihara. Mungkin diluncurkan tahun ini, kalau bisa tahun baru di situ," kata Kepala Dinas Ciptada Riau, Dwi Agus Sumarno di Pekanbaru, Kamis, seperti dikutip dari antara riau.

Dia mengatakan, Kaca Mayang merupakan tahap pertama untuk memperbanyak RTH di Pekanbaru yang baru lima persen. Berdasarkan Undang-Undang no. 26 tahun 2007 tentang Tata Ruang satu kota harus memiliki 30 persen RTH.

Gambarannya, lanjut Dwi, pada taman itu takkan mengganggu parkir Jalan Protokol Sudirman. Hal itu, kata dia karena pada RTH Kaca Mayang akan dibuat jalan memotong ke Jalan Sumatera.

Kaca Mayang merupakan pembangunan RTH tahap pertama dengan anggaran Rp6 Miliar. Selanjutnya hingga 2019 akan dibangun RTH sekitar Kaca Mayang mulai dari Jalan Sumatera, Diponegoro, Thamrin hingga Petala Bumi.

"Sampai 2019 total luasnya ada 15 ha. Diharapkan RTH Pekanbaru sampai 2019 sudah 15 persen," ungkapnya.

Pada tahun 2017 dikatakannya akan dibangun dua taman di sebelah gedung wanita antara Jalan Sumatera dan Jalan Diponegoro. Ditengahnya ada embung air pengolahan limbah yang akan diperbaiki dengan anggaran Rp5 miliar, sedangkan dua taman itu sekitar Rp15 miliar tahun 2017.

"Nanti dibuat instalasi pengolahan limbah untuk air dari Sukajadi sail supaya jadi air bagus. Lalu di embung dekat gedung wanita dibikin air mancur warna warni," jelasnya

Kemudian dekat gedung wanita itu yang didirikan adalah taman balita dan yang sebelah Hotel Aryaduta Taman anak usia SD hingga SMP berdekatan dengan air mancur. Diharapkannya tidak ada yang berjualan di dekat dua taman itu karena dipakai untuk kebersamaan.


Akses RiauAktual.Com Via Mobile m.riauaktual.com

TULIS KOMENTAR

comments powered by Disqus
BERITA TERKINI
shadow