HOT TOPIC

Siswa SMAN Plus Riau Diajarkan Berbaur dan Beradaptasi Dengan Masyarakat

Dibaca: 6804 kali  Rabu,21 Desember 2016 | 19:22:55 WIB
Siswa SMAN Plus Riau Diajarkan Berbaur dan Beradaptasi Dengan Masyarakat Ket Foto : rivai

RIAU (RA) - Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Plus Provinsi Riau H. A Rivai mengatakan salah satu program yang dilaksanakan SMAN Plus dalam mengenal lingkungan dan bergaul dengan masyarakat bagi para siswa adalah dengan melaksanakan praktek Lapangan.

Hal itu disampaikan Rifai terkait pelaksanaan Praktek Lapangan yang dilaksanakan 154 orang orang terdiri dari 10 guru pembimbing dan 144 siswa SMAN Plus yang saat ini melakukan praktek kerja lapangan di Desa Kampung Kuak Kelurahan Teluk Makmur Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai.

"Tujuan dari praktek kerja lapangan ini agar siswa bisa bersosialisasi, beradaptasi dan saling tukar informasi, pengetahuan kepada masyarakat," jelas Rivai, Rabu (21/12)

Dikatakan, selama malakukan kerja lapangan, siswa akan tinggal dirumah warga. Mereka siap menampung 4 orang disetiap rumah. Jadi dengan jumlah tersebut, maka ada 40 rumah warga yang menampung siswa SMAN Plus Riau.

Dia juga menjelaskan kalau selama pelaksanaan praktek kerja lapangan, siswa akan melakukan kegiatan gotong royong, membantu masyarakat, pembelajaran edukasi, penghijauan serta balajar dan mengajar tentang seni. "Banyak kegiatan positif yang diberikan kepada warga,"jelasnya.

Rifai menjelaskan, salah satu keunnggulan SMA Plus Riau yang sudah berjalan beberapa tahun sebelumnya yaitu program pemberdayaan masyarakat melalui Praktek Kerja Lapangan, dimana pada siswa kelas XII diharuskwn turun/terjun kelapangan untuk brrdomisili dan menetap dirumah penduduk.

Tujuan dari pada PKL tersebut adalah untuk mempraktekkan ilmu pengetahuan yang diperoleh dibangku sekolah. Kedua bersosialissi dengan masysrakat sambil mempelajari kehidupan sosial, budaya, ekonomi, dan agama.

"Ketiga memahami kehidupan masyarakat pedesaan sebagai bekal kader-kader/ calon pemimpin bangsa. PKL SMAN PLUS fokus pada daerah-daerah  terpencil dan homogen," ungkapnya. (nik)
 


Akses RiauAktual.Com Via Mobile m.riauaktual.com

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

comments powered by Disqus
BERITA TERKINI
shadow