Trik Ampuh Bikin Kinclong Dashboard

Trik Ampuh Bikin Kinclong Dashboard
Ilustrasi dashboard mobil.

RAGAM (RA) -  Dashboard merupakan bagian terdepan dari interior mobil yang paling rentan untuk terkena paparan sinar matahari, debu dan kotoran. Oleh sebab itu, komponen satu ini perlu mendapatkan perawatan khusus. Jika tidak dirawat, tentu dashboard tidak akan tahan lama dan cepat kusam akibat sering terkontaminasi debu dan kotoran yang menempel di mobil.

Umumnya, untuk mengatasi hal itu, banyak cara yang dilakukan pemilik mobil seperti memberikannya dengan minyak zaitun ataupun dengan pembersih debu untuk mengkilapkan dashboard.

Namun ada cara yang cukup simpel untuk membersihkan dashboard, seperti yang disampaikan oleh Technical Support Astra Daihatsu Motor (ADM), Azwar. "Sebetulnya tidak ada cara khusus untuk merawat dashboard mobil, paling hanya perlu melakukan pembersihan selama satu bulan sekali untuk menjaganya tidak kusam," kata Azwar seperti dikutip dari VIVA.co.id.

Kendati demikian, Azwar mengatakan, membersihkan dashboard sebaiknya juga memerhatikan kondisi dan bahan dashboard itu sendiri, apakah dashboard menggunakan bahan kulit asli atau menggunakan vinyl atau bahan kulit sintetis.

"Nah, kalau bahan kulit asli sangat rentan terhadap bahan bahan kimia, oleh karena itu jika dashboard mobil terbuat dari bahan kulit, jangan menggunakan semir atau pelembab dari bahan kimia seperti tisu basah. Kalau bagusnya itu semir khusus misalkan Beeswax," ujarnya.

Untuk mengatasinya, kata Azwar, penggunaan lap microfiber lebih cocok untuk membersihkan dashboard agar terlihat bersih dan kinclong. "Sebaiknya mau bahan apa pun itu dashboard-nya, bagusnya pakai lap microfiber saja yang banyak dijual di pasaran, usahakan gunakan lap yang berbentuk sarung tangan supaya bisa terjangkau daerah yang tidak terlihat dan dihinggapi oleh debu."

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index