Tips Hemat BBM Meski AC Mobil Nyala

Tips Hemat BBM Meski AC Mobil Nyala
ilustrasi

RAGAM (RA) -  Jika diperhatikan, saat mobil menggunakan AC, raungan mesin memang lebih besar dibanding tidak menyalakan AC. Hal itu tentu sangat wajar mengingat penggunaan AC akan membuat kompresor bekerja dengan cara mengambil tenaga dari mesin.

Dan secara otomatis penggunaan AC tentu akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Namun sebenarnya ada sedikit tips untuk membuat konsumsi bahan bakar tak terlalu boros meski AC mobil dinyalakan. Hal itu diungkapkan Trainer Nissan College PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Sugihendi.

"Kuncinya adalah semakin lama kompresor hidup, otomatis BBM kesedot lebih banyak," kata Sugihendi di Jakarta.

Oleh sebab itu, ia menyarankan jika ingin BBM tetap irit saat menyalakan AC, usahakan atur suhu sesuai kebutuhan agar kompresor tidak hidup non-stop.

"Cukup temperatur pada posisi setengahnya. Karena kita enggak perlu sampai menggigil di dalam. Ada mobil yang sampai kacanya berembun, itu berlebihan," katanya.

Sementara jika hanya menyalakan blower atau sekadar kipas apakah konsumsi bbm tetap berpengaruh? Menurutnya tidak, karena yang bikin BBM boros adalah saat AC menyala.

"Kalau blower enggak pengaruh sama konsumsi bbm, yang pengaruh termo switch. Kalau di posisi off kompresor mati, cuma fan doang," katanya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index