Lima Tahun Jalan, Baru Terbayar Rp10 Juta

Nasabah KPR BTN Pertanyakan Tingginya Bunga Bank

Nasabah KPR BTN Pertanyakan Tingginya Bunga Bank
Bukti pembayaran kridit oleh nasabah

DUMAI (RA) - Tanpa disadari, Bunga Bank seperti pembunuh berdarah dingin, berlahan tapi mengsengsarakan. Hal ini tentu saja membuat rakyat kecil seperti dipalak. Seperti dirasakan salah seorang warga Dumai, Heny (28).

Dimana sejak tahun 2012 sampai 2016 dia (Heny,red) tidak pernah tau sudah berapa angsuran kridit rumahnya di Bank Tabungan Negara (BTN). Namun karena penasaran dengan angsuran perumahannya di bank yang identik dengan perkreditan rumah itu, ia coba bertanya ke Bank BTN Dumai Sukajadi Dumai Kota. Ternyata selama 5 (Lima) tahun jalan pembayaran kridit, baru terbayar sebesar Rp 10 juta.

"Saya dan suami kridit rumah ini sudah hampir 5 tahun, dari Februari 2012 sampai sekarang Desember 2016. Kami ngambil yang 15 tahun, dulu pertama kredit tahun pertama bulanannya sekitar Rp700 ribu. Namun sudah beberapa tahun ini angsuran rumah kami setiap bulan menjadi Rp950.000,-. Karena penasaran mengenai angsuran rumah, kami pun ke bank BTN Dumai Sukajadi untuk mempertanyakannya. Awalnya kami menemui consumer servis (CS), oleh karena CS mengaku tidak punya akses penuh mengenai gambaran kredit rumah tersebut, kami dianjurkan ke lantai dua guna menemui pihak yang mempunyai otoritas," jelas Heny kepada awak media, Rabu (7/12).

Lanjut Heny, dia dan suami pun langsung menemui bagian yang mempunyai otoritas mengenai perkreditan rumah di lantai dua BTN KCP Dumai. "Dalam pertemuan itu, pihak bank meminta buku tabungan BTN kami, dan langsung mengecek kondisi kredit rumah kami.

Tidak lama kemudian pihak bank menjelaskan kalau angsuran kami sudah terbayar lebih kurang Rp10 juta-an. Mendengar penjelasan itu, kami jadi heran dan bingung. Harga rumah Rp71 juta di kurang sisa kridit Rp60,285,704 = Rp10,714,296,-. lama saya tertegun, bingung dan tidak tau mau bilang apa, lima tahun baru terbayar Rp10 juta-an?" keluh Heny.

Jadi selama ini, kalau 5 tahun sudah masa berjalan kredit rumah, berarti 12 bulan kali 5 tahun, kalau bunga bank per bulan Rp724.333 kalikan dengan 60 bulan, karena 5 tahun 60 bulan Rp43,459,980.

"Kalau angsuran bayar kredit rumah kami tiap bulan Rp225,667 kali 60 bulan Rp13 juta-an, dan kredit rumah saya sekarang sudah berjalan 59 bulan, luar biasa ini bunganya, itu kalau bulannya 225 ribu ya, didapatlah angka Rp13 jutaan, namun ketika harga rumah Rp71 juta di kurang sisa kredit Rp60 jutaan yakni kami baru bayar sekitar Rp10 jutaan," katanya.
 
Disampaikan Heny, berdasarkan penjelaskan consumer loan service (LS) Junio Rio Pratama mengatakan kondisi itu sudah menjadi ketentuan bank.

"Yakni bunga bank Rp700 ribu dan angsuran pokok rumah Rp200 ribu, namun nanti di ujung tahun masa kredit bunga itu akan turun," dalih Junio. (rel)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index