Keberadaan Orang Asing Harus Diwaspadai

Keberadaan Orang Asing Harus Diwaspadai
Ilustrasi
BANGKINANG (RA) - Pemerintah Kabupaten Kampar sangat mendukung dan menyambut baik pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora). Sebab kebearadaan orang asing bisa memungkinkan terjadinya dampak yang merugikan bagi daerah Kampar serta mendatangkan dampak negatif lainnya atas keberadaan orang asing.
 
Asisten Pemerintahan Setda Kampar Ahmad Yuzar mewakili Bupati Kampar saat memberikan sambutan pada Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Kabupaten Kampar yang diadakan di Hotel Altha Bangkinang, baru ini yang diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Kelas I  Pekanbaru Kementerian Hukum dan HAM Riau.
 
 Ahmad Yuzar menambahkan  pemerintah Kabupaten Kampar menyampaikan apresiasi dan sambutan baik atas kegiatan ini karena terkait dengan orang asing disuatu daerah. "Ini sangat penting dan perlu disosialiasikan. “Hal ini bagaikan dua  mata uang, disatu sisi kita menargetkan kkunjungan wisatawan, disisi lain merupakan bagian yang perlu kita disikapi dan diwaspadai" katanya.
 
Untuk itu, perlu dipelajari aturan dan regulasi yang berkaitan dengan penanganan orang asing. Oleh sebab itu, perlu dicarikan aturan dan regulasi dalam penanganan keberadaan orang asing khususnya di Kabupaten Kampar," ujarnya.
 
Kepala Bidang Inteldakim Kantor wilayah Kementerian Hukum dan Ham Riau Herfi Adli dalam sambutannya mengatakan, masalah orang asing merupakan permasalahan yang harus di tangani dan disikapi bersama. "Berbagai modus yang dilakukan orang asing di Indonesia,  ada yang berupa pengungsi,  tenaga kerja maupun yang berprofesi lainnya. Agar keberadaan mereka tidak disalahgunakan, perlu kita bentuk tim pengawas orang asing," ujarya.
 
Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Pekanbaru Pria Wibawa mengatakan bahwa pembentukan Tim Pora di Kabupaten untuk mendeteksi awal terkait orang asing mulai dari tenaga kerja asing dan lainnya. Terkontrolnya masyarakat, apalagi saat ini disinyalir banyak masyarakat Indonesia yang bergabung dan ikut berjuang dengan ISIS,  Persoalan yang dihadapi dalam bentuk pengungsi,  adanya sinyal para pekerja dari luar yang berpraktek PSK ataupun yang bersifat negatif lainnya. Jika dibiarkan mereka akan merusak masyarakat lokal, tambah Pria Wibawa lagi yang didampingi Zakaria Kasi Pengawasan dan penindakan keimigrasian Pekanbaru  Kanwil Kemenkumham Riau.
 
Hadir  pada acara tersebut Kepala Kesbangpol Kabupaten Kampar Afrizal Abra, Kepala Bagian Humas Setda Kampar Sabaruddin,  Kepala Bagian Hukum Setda Kampar Khairuman, Sunardi, SH mewakili Kantor Kejaksaan Kampar  dan dari Satker terkait di Kabupaten Kampar.
 
Kegiatan yang berjalan selama satu hari ini, memaparkan berbagai pemateri dari Kemenkumham dan satker terkait dalam memberikan penjelasan terkait dengan penanganan orang asing. (her)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index