Cara Merawat Aki Kering Motor agar Tahan Lama

Cara Merawat Aki Kering Motor agar Tahan Lama
Aki basah dan aki kering kendaraan.

RIAUAKTUAL.COM (RA) - Aki kering atau Maintenance Free Battery saat ini jadi pilihan beberapa pabrikan otomotif. Aki kering dinilai lebih banyak memiliki keunggulan dibandingkan aki basah, seperti lebih praktis dan tidak mudah bocor.

Namun rupanya, aki kering juga membutuhkan perawatan yang tepat, agar usia pemakaiannya dapat lebih lama.

Kepala mekanik bengkel Eka Jaya Motor di Jakarta Barat, Ahmad Bakri mengatakan, aki kering dapat lebih awet, apabila motor digunakan sesering mungkin.

"Jika motor tidak akan digunakan, minimal panaskan mesin 2-5 menit setiap harinya. Agar pengisian listriknya tetap teratur," ungkapnya seperti dikutip VIVA.co.id.

Ahmad menambahkan, saat berkendara, sebisa mungkin hindari  jalan berlubang yang dapat menyebabkan guncangan pada motor. Sebab, aki akan cepat rusak jika terlalu sering terkena guncangan.

Selain itu, gunakan electric starter setiap hari, kecuali saat memanaskan mesin di pagi hari. Menghidupkan mesin menggunakan kick starter di pagi hari sangat disarankan, karena dapat membantu menyebarkan oli ke seluruh komponen mesin motor.

"Jangan lupa juga untuk cek posisi kabel terminal aki. Usahakan selalu tertutup rapat. Soalnya, bisa korslet kalau lembap,” jelasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index