Harga Karet di Rohul Tembus 10 Ribu Rupiah Per Kilogrm, Petani Mulai Bergairah

Harga Karet di Rohul Tembus 10 Ribu Rupiah Per Kilogrm, Petani Mulai Bergairah
karet

PASIR PENGARAYAN (RA) - Setelah harga karet petani anjlok sejak tahun 2012 dengan harga kisaran Rp5000 hingga Rp8000 per kg, sepekan ini harga karet petani tembus Rp10 ribu per kgnya, dan membuat ekonomi petani karet kini bergirah kembali.

Diakui para petani karet di Kecamatan Rambah, naiknya harga karet petani setelah pabrik karet mengalami kekosongan stok karet. Sehingg, untuk menutupi kebutuhan permintaan stok karet pihak pabrik karet mendongkrak harga karet agar petani kembali bergairah menjual karetnya.

“Alhamdulillah, penjualan karet pekan kemarin dijual sistim kelompok tembus Rp10 ribu per kgnya. Harga tersebut, merupakan harga paling tinggi sejak tahun 2012 dimana harga karet hanya dikisaran Rp5000 hingga Rp8000 per kgnya. Kini kita bisa bernafas lega, setelah empat tahun baru harga karet berangsur normal dan membaik,” terang Sapri, seorang petani karet di Pasir Pengarayan, Senin (28/11).

Sementara, karet petani non kelompok sebut Sapri, kini sudah Rp8000 hingga Rp9000 per kgnya, atau selisih Rp1000 hingga Rp2000 per kg dengan karet kelompok.  Karena, biasanya karet yang dijual non kelompok dari petani langsung dijual ke toke, sementara kalau melalui kelompok dikumpul dulu baru dibayarkan sehingga harganya juga beda dengan non kelompok.

Walaupun saat kini musim penghujan, namun produksi karet petani tetap stabil. Dimana untuk setiap pekannya karet yang dihasilkan dari 3 kelompok di kawasan Jalan Syakh Ismail, bisa mencapai 40 per pekannya.

“Itu belum termasuk karet petani non kelompok. Jelasnya, kini masa trek sudah lewat dan berharap harga karet bisa terus stabil Rp10 ribu per kgnya, atau diatas harga tersebut. Sehingga, hasil yang didapatkan, selain bisa menghidupi keluarga juga bisa disisihkan beli pupuk. Apalagi sejak harga karet turun, petani jarang memupuk kebun karetnya sehingga hasilnya juga tidak memadai,” jelas Sapdi lagi. (lim)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index