ABK Kapal Pengangkut Ternak yang Karam di Perairan Selayar Belum Ditemukan

ABK Kapal Pengangkut Ternak yang Karam di Perairan Selayar Belum Ditemukan
Kapal tenggelam (ilustrasi)

NASIONAL (RA) - Tim pencari dan penyelamat (SAR) bersama aparat Polres Kabupaten Kepulauan Selayar masih mencari anak buah kapal (ABK) Kayu Cahaya Putri Abadi, kapal pengangkut ternak yang karam di perairan Selayar.

"Penumpang kapal itu ada 10 orang, sembilan di antaranya adalah ABK dan satunya lagi itu juragannya. Ini masih dalam pencarian," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Frans Barung Mangera di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, dari 10 orang yang ikut dalam pelayaran pengiriman ratusan ternak dari Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menuju Kabupaten Jeneponto itu, empat di antaranya belum ditemukan.

Mereka, yakni Ramli (51) warga Desa Pao, Kecamatan Taroang, Kabupaten Jeneponto yang merupakan juragan kapalnya.

Kemudian, Hamsah (28), warga Desa Pao yang hingga kini belum ditemukan, kemudian Nasir (54) warga Desa Bungeng, Andi Patiroi (34) warga Kabupaten Bone serta seorang lainnya lagi yang identitasnya belum diketahui.

"Untuk Andi Patiroi dan seorang warga lainnya yang belum diketahui identitasnya adalah penumpang kapal dan bukan ABK. Empat orang ini masih dalam pencarian," katanya.

Sedangkan lima orang lainnya yakni Azis alias Sisi (34), Wawan (18), Hasrul (18), Baddu (53) dan Edi (29) adalah penumpang dan ABK lainnya sudah ditemukan dan mendapatkan perawatan medis.

Para korban yang ditemukan ini umumnya mengalami luka-luka pada tubuhnya dan sudah dirawat di Pukesmas Bonerate sebelum dimintai keterangannya terkait kejadian tersebut.

Sebelumnya, kapal yang membawa ternak beserta 10  awak itu karam tepatnya di perairan selatan Kembang Miati Desa Komba-komba Kecamatan Pasimarannu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Perairan Pasimarannu berjarak sekitar 119 mil dari Kota Benteng, ibu kota Kabupaten Kepulauan Selayar dengan waktu tempuh perjalanan laut sekitar 11 jam ke lokasi kejadian.

Kapal tersebut berlayar dari daerah Mbay, Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan tujuan Bungeng, Kabupaten Jeneponto melewati perairan Pasimarannu, Selayar.

"Kejadian itu kemarin tapi baru dilaporkan dan anggota yang menerima laporan di Selayar sudah turun ke lokasi melakukan penyisiran untuk mencari para korban tenggelam," katanya.

Frans mengaku hingga saat ini, tim regu pencari dan penyelamat di Polres Selayar sudah turun dengan beberapa kekuatan lainnya untuk mencari korban tenggelam, Demikian yang dilansirkan antaranews.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index