Panitia Pilkades Rambah Samo Optimis Partisipasi Pemilih Sampai 85 Persen

Panitia Pilkades Rambah Samo Optimis Partisipasi Pemilih Sampai 85 Persen
PILKADES

RAMBAH SAMO (RA) - Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Serentak (Pilkades) Rambah Samo Barat, kecamatan Rambah Samo kabupaten Rokan Hulu Charles, ST, optimis partisipasi pemilih pada Pilkades Rambah Samo barat, menembus  85 persen.

Basis masa keluarga yang dimiliki masing-masing calon diprediksi menjadi faktor utama peningkatan partisipasi pemilih pilkades kali ini.

"Berkaca dari Pilkada Bupati Rohul beberapa waktu lalu, tingkat partisipasi pemilih di rambah samo barat mencapai 70 persen, tapi untuk pilkades ini kami optimis partisiaspasi pemilih menembus 85 persen, karena seluruh calon memiliki basis masa keluarga yang kuat," ujarnya, kemarin.
 
Lebih lanjut di utarakan Carles, untuk memastikan seluruh warga rambah samo yang telah berhak menyalurkan hak pilihnya, pada tanggal 17 November, panitia pilkades bakal menurunkan Panitia pendaftar pemilih (Pantarlih) guna mendata warga yang belum masuk daftar pemilih sementara (DPS). Berdasarkan verivikasi akurasi data itu, Panitia pilkades baru akan  menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Saat ini Daftar Pemilih Sementara (DPS) Rambah Samo Barat 2298, tapi data ini masih dapat bertambah berdasarkan hasil pendataan pantarlih nanti. Nantinya setelah akurasi data dari pantarlih selesai, baru kemudian kami akan tetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang berhak memilih pada pilkades Rambah samo barat," jelasnya.

Selain melakukan akurasi data pemilih lanjut Carles, panitia juga akan segera membentuk Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS) di 5 TPS yang ada di desa Rambah Samo Barat. Satu KPPS nantinya beranggotakan 5 petugas ditambah 2 orang linmas.

"Insya allah pada tanggal 24 november pembentukan KPPS di 5 TPS sudah selesai dilakukan," imbuhnya.

Selain meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkades kali ini, Panitia juga akan memberikan ruang kepada masyarakat untuk menilai langsung calon kepala desa yang akan mereka pilih sehingga warga tidak memilih "kucing dalam karung".

Panitia kata Carles nantinya akan menggelar bedah visi misi ke lima calon dengan mendatangkan panelis dari akademisi seperti DR. Des Melati Ketua STKIP Rokanniyah, Pembantu Rektor II Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Khairul Fahmi MT dan dekan fakultas Hukum UPP Zulkifli Mansyur MH. Bedah visi ini nantinya akan dipandu Dosen STAI Tuanku Tambusai, Mustaqim.

"Kelima calon yang maju adalah putra terbaik rambah samo barat yang berkualitas, tapi masyarakat harus menilai sendiri siapa calon yang benar-benar memiliki visi, berwawasan, serta  memiliki komitmen  membangun Rambah Samo barat. Dengan bedah visi misi ini, kita harapkan pilkades ini dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas," sebutnya. (lim)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index