Besok, Distan Laksanakan IB DiTenayan Raya

Besok, Distan Laksanakan IB DiTenayan Raya
Elsyabrina

PEKANBARU (RA) - Guna mencapai Swasembada Daging tahun 2025 mendatang. Dinas Pertanian Kota Pekanbaru, besok Selasa (15/11) akan malaksanakan Inseminasi Buatan (IB) di Tenayan Raya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Pekanbaru, Elsyabrina mengakatan bahwa IB ini bertujuan untuk mendukung Program UPSUS SIWAB (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting) yang diluncurkan oleh Presiden Jokowi, dalam rangka untuk mencapai Swasembada Daging tahun 2025.

"Besok operasional IB SIWAB akan dilaksanakan di Kecamatan Tenayan Raya," ujar Elsyabrina ketika ditemui, Senin (14/11) di kantor Walikota.

Menurut Elsyabrina, untuk program UPSUS SIWAB seluruh Indonesia ditargetkan sekitar 56.234 ekor. Sedangkan untuk Pekanbaru sendiri, tahun ini ditargetkan sebanyak 242 ekor sapi bunting.

"Jadi untuk perdana ini ada sekitar 153 ekor sapi akan kita seminisasi atau kawin alami diKecamatan Tenayan Raya,"ungkapnya.

Elsyabrina menambahkan, kegiatan seminisasi atau kawin alami kepada sapi ini bukan hanya dilaksanakan di Pekanbaru besok, namun akan dilakukan  serentak diseluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Riau.

"Besok kami akan melakukan periksaan terhadap sapi-sapi betina milik para petani yang ada di Tenayan Raya. Jika belum bunting, maka akan diberikan seminisasi. Setelah itu, kita akan mencatat. Namun, bila belum juga bunting. Maka akan diberikan diberikan lagi. Pemberian seminisasi ini gratis dan tidak dipungut biaya,"tutupnya. (yan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index