Bupati Meranti Resmikan Desa Persiapan Bumi Asri

Bupati Meranti Resmikan Desa Persiapan Bumi Asri
Bupati meranti resmikan dan juga lakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Pejabat (Pj) Kepala Desa Persiapan

MERBAU (RA) - Desa Lukit, Kecamatan Merbau akhirnya resmi dimekarkan. Walaupun belum menjadi Desa definitif, tapi desa pecahannya, yakni Desa Persiapan Bumi Asri sudah diresmikan, Senin (14/11), di halaman kantor Desa.

Saat peresmian juga dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Pejabat (Pj) Kepala Desa Persiapan, yakni Selamet. Dia diminta untuk mempersiapkan proses pemilihan Kepala Desa (Kades) definitif nantinya.

"Persiapkan perangkat desa dan tolong persiapkan juga pemilihan Kades. Paling lama 1 tahun," kata Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi usai melantik PJ Kades.

Menurut Irwan, Desa Lukit tersebut memiliki wilayah yang luas. Oleh karena itu perlu dilakukan pemekaran sehingga rentang kendali pemerintahan menjadi pendek.

"Dengan telah dimekarkan daerah ini, rentang kendali akan semakin pendek. Jadi, nantinya bisa semakin memaksimalkan pembangunan di daerah ini yang masih sangat terbatas," sebutnya.

Dijelaskan Bupati, selain Desa Bumi Asri, Kecamatan Merbau tersebut, pada tahun 2016 ini juga telah lebih dulu dimekarkan Desa Persiapan Bina Sempian, Kecamatan Rangsang Pesisir.

Tampak hadir dalam pelantikan tersebut Kepala Badan pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Ikhwani, Sekretaris Disparpora, H Ismail Arsyad, Camat Merbau, Rokhaizal, Kabag Umum, Tengku Azman dan Kabag Humas, Helfandi SE MSi, dan Kades se-Kecamatan Merbau.

Pj Persiapan Desa Bumi Asri, Selamet usai dilantik mengaku akan berupaya bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami akan segera mempersiapkan desa ini agar sesegera mungkin melaksanakan Pilkades. Agar segera menjadi desa definitif," sebutnya.

Dalam menjalankan operasional pada tahun 2016 ini, Desa Bumi Asri mendapatkan bantuan anggaran dari desa induk. Besarannya Rp20 juta.

"Untuk tahun 2016 ini mendapatkan bantuan Rp20 juta untuk menjalankan operasional. Sementara untuk tahun 2017 nanti, ADD akan dititipkan ke desa induk (Desa Lukit)," kata Kabid PMD, Mardiansyah. (hms)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index