Kodim Dan Wabup Tanam Padi Bersama di Kepenghuluan Bagan Jawa Pesisir

Kodim Dan Wabup Tanam Padi Bersama di Kepenghuluan Bagan Jawa Pesisir
Wabup Rohil, Drs Jamiluddin bersama Dandim 0321 rohil, Bambang sukisworo dan instansi terkait melakukan penanaman padi perdana dikepenghuluan bagan ja

BAGANSIAPIAPI (RA) - Guna mendukung para petani dalam melakukan upaya penanaman padi dan mempertahankan Rokan Hilir (Rohil), sebagai salah sau daerah penghasil gabah di Riau, pihak Kodim 0321 Rohil bersama Dinas Pertanian (Distanak) melakukan tanam padi perdana di Kepenghuluan Bagan Jawa Pesisir, Kecamatan Bangko.

Acara tanam perdana ini di hadiri oleh Wakil Bupati Rohil, Drs Jamiluddin, Dandim 0321 Rohil, Letkol Arh Bambang Sukisworo, Kepala Distanak Rohil Ir Muslim, Kepala Distanak Prov Riau, drh Askardiya Ribudana Patrianov MP, anggota DPRD Rohil, H Tatang Hartono SE, Pimpinan Forkofimda, Kepala BPTP bidang Peneliti utama Prov Riau Ir, Yunizar MS, Para GaPoktan se Kepenghuluan Bagan Jawa Pesisir.

Kegiatan ini di gelar Kamis (27/10) yang di mulai dari jam 10.00 Wib bertempat di Jalan Tani Rt 02 Rw 02 Kepenghuluan Bagan Jawa Pesisir. Acara Tanam Perdana Padi bersama ini mengangkat tema "Alih Fungsi Lahan Merupakan Ancaman Ketahanan Pangan Kana Jangan Alih Fungsikan Lahan Sawah yang ada, Wariskan untuk Anak Cucu Kita".

Kodim 0321 Rohil, Letkol Arh Bambang Sukisworo mengatakan tanam perdana yang di lakukan dengan menjalin kerjasama dengan pihak Distanak Rohil ini adalah dalam upaya mensukseska Upsus penanganan padi. "Makanya saya mengajak kepada para petani melalui Gapoktan yang ada untuk sama-sama bekerja bahu membahu dan tetap semangat untuk meraih kesuksesan," kata Dandim, seperti mengutip utusanriau.co.

Bekerjasama antar GaPoktan, Babinsa dan Baminkabtibmas perlu di lakukan demi keberhasilan. TNI khususnya dari Kodim Rohil kata Dandim, siap membantu kapan saja bila di butuhkan oleh para petani.

Melalui kegiatan tanam perdana itu juga di lakukan penyerahan bantuan alat mesin pertanian kepada Gapoktan Usaha maju dan Poktan Tunas Unggul ll. Sementara itu, Wakil Bupati, Drs Jamiludin mengharapkan agar bantuan yang di berikan di jaga dengan baik dan mengunakanya sebagai mana mustinya.

"Mari kita jaga kelestarian bidang pertanian khususnya padi dan jangan lakukan alih fungsi lahan lagi karena akibat alih fungsi laahan yang terjadi selama ini banyak lahan pertanian hilang dan berubah menjadi areal perkebunan. Hal ini jelas akan menjejaskan ketahanan pangan kita dan tentu akan mengancam bila terus terjadi alih fungsi lahan," ingatnya. (hms)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index