Akhirnya APBD Pekanbaru 2017 Resmi Disahkan Rp 2,355 T

Akhirnya APBD Pekanbaru 2017 Resmi Disahkan Rp 2,355 T
ketua dprd pekanbaru sahril Sh, menyalami walikota usai penandatangan hasil laporan banggar

PEKANBARU (RA) -  DPRD Pekanbaru Senin (24/10) malam akhirnya mengesahkan APBD murni Pekanbaru 2017 sebesar Rp 2,355 triliun. Pengesahan tersebut melalui rapat paripurna, yang dipimpin Ketua DPRD Sahril SH beserta wakilnya, Sigit Yuwono ST, Sondia Warman serta Jhon Romi Sinaga.

Sementara dari Pemko dihadiri langsung Walikota Firdaus MT serta unsur Forkompinda dan beberapa kepala dinas. Juru bicara Banggar DPRD Pekanbaru Ida Yulita Susanti menjelaskan, nilai APBD 2017 sebesar Rp 2,355 triliun tersebut, memang turun dari APBD 2016, yakni Rp 3,4 triliun.

Hal ini disebabkan beberapa faktor, di antaranya dana bagi hasil dan bantuan pusat minim, PAD kurang dan pemangkasan beberapa Perda oleh pemerintah pusat.
"Adapun angka Rp 2,355 triliun itu terdiri dari PAD yang ditargetkan pencapaiannya Rp 1,01 triliun, dana perimbangan Rp 1,1 triliun triliun serta pendapatan lain-lain Rp 100 miliar lebih," jelas Ida.

Dalam harapan DPRD, Ida menyampaikan kepada Pemko, agar merealisasikan pencapaian APBD tersebut, termasuk juga dalam menggenjot PAD, namun harus mengacu kepada aturan yang berlaku.

"Perangkat daerah diharapkan dapat melaksanakan program sesuai jadwal dan mengoptimalisasikan semua program yang ada. Dinas kita minta harus capai targetnya untuk ditahun mendatang," ujarnya

Sementara Walikota Pekanbaru Firdaus MT usai paripurna mengucap terima kasih kepada semua anggota DPRD, terutama Banggar yang sudah membahas sesuai prosedur yang ada.

"Penggunaan pembelanjaan APBD ini, setelah verifikasi dari Gubernur Riau. Kita harapkan secepatnya. Yang jelas, apa yang diharapkan pihak DPRD, akan dilaksanakan," ucapnya.

Tentunya kata Firdaus lagi, keberhasilan suatu pemerintahan harus juga didukung kerja sama yang baik antara pemerintah dan legislatif.

"Mari sama-sama kita membangun kota kita agar lebih baik dan maju kedepannya," pungkasnya. (DWI)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index