Pengambilan Alih SMA dan SMK

Ridwan: Persaingan Mutu Pendidikan Semakin Ketat

Ridwan: Persaingan Mutu Pendidikan Semakin Ketat
ilustrasi

PEKANBARU (RA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau tahun depan tidak hanya meningkatkan mutu pendidikan SMAN Plus, SMA Olahraga SMK Teknologi dan SMK Pertanian saja melalui program yang dibuat. Namun juga mengurus seluruh SMA dan SMK se Provinsi Riau.

Dengan pengalihan ini, kualitas mutu pendidikan harus bersaing, tidak hanya sekolah dibawah naungan Disdikbud tapi seluruh SMA dan SMK.

"Biasanya kita hanya mengurus 5 sekolah saja. Namun tahun depan seluruh SMA dan SMK juga dibawah Disdikbud Riau. Oleh karena itu SMAN Plus harus mampu meningkatkan mutu pendidikan. Kalau tidak akan kalah dengan sekolah lain seperti SMAN 8 dan SMAN 4 dan sekolah lainnya," kata Kasi Pelatihan UPT Prasekolah Disdikbud saat menghadiri penyusunan RKA SMAN Plus Provinsi Riau belum lama ini.

Dikatakan Ridwan, persaingan mutu pendidikan antara SMA semakin ketat dengan pengambilan alih SMA dan SMK oleh Provinsi. Ini artinya SMAN Plus yang sebelumnya dibawah naugan Disdibud harus mampu meningkatkan mutu pendidikan. SMAN Plus harus bisa membuat program  peningkatan mutu siswa dan profesionalisme guru.

"Kita tahu bahwa anggaran SMAN Plus, DPA nya ada di Disdikbud. Oleh karena itu, saya harapkan SMA Plus bisa membuat program sekolah untuk peningkatan mutu sekolah. Tidak hanya siswa, namun juga guru," kata Ridwan.

Ridwan menambahkan semua dana kegiatan sudah dianggarkan oleh Disdikbud Riau. Kegiatan RKA SMAN Plus ini harus sesuai dan sejalan dengan dana yang tersedia dalam DPA yang ada di Disdikbud Riau."RKA SMAN Plus harus sinergis dan sejalan dengan DPA yang sudah dianggarkan," kata Ridwan. (rls/nik)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index