Peralatan Sudah Lumayan, Tapi RSUD di Inhil Ini Kekurangan SDM

Peralatan Sudah Lumayan, Tapi RSUD di Inhil Ini Kekurangan SDM
Sekda Bersama Petugas Nusantara Sehat

RIAU (RA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Said Syarifuddin mengatakan jika RSUD Raja Musa Sungai Guntung saat ini sudah memiliki peralatan yang lumayan. Hanya saja, saat ini masih kekurangan tenaga dokter spesialis.

Hal itu disampaikannya saat mengunjungi RSUD Raja Musa kemarin. Dimana, selain berbincang langsung dengan Direktur RSUD Raja Musa dr.h.afrizal, Sekda juga berkesempatan berdialog dengan pasien RSUD Raja Musa.

"Peralatan sudah lumayan, hanya saja dokter kurang. Ini memang menjadi satu tantangan yang perlu kita selesaikan kedepannya," ungkap Said.

Pemda sendiri lanjut Said, saat ini sedang berusaha bagaimana menambah tenaga kesehatan, terutama untuk dokter spesialis.

"Masyarakat disini sangat membutuhkan perawatan dan pelayanan kesehatan yang memadai dan pemerintah daerah juga akan mendukung keberlanjutan dari rumah sakit ini," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Rsud Raja Musa Sungai Guntung dr.h.Afrizal mengatakan RSUD Raja Musa Sungai Guntung sudah lima tahun berdiri sebagai Rsud tipe D tepatnya pada 5 april 2011.

"Diharapkan sebagai RSUD Raja Musa bisa menjadi pusat rujukan  untuk wilayah Inhil bagian utara," katanya.

Saat ini, Fasilitas atau unit pelayanan yang ada sekarang adalah UGD 24 jam, poli umum, poli gigi, poli spesialis anak dan spesialis penyakit dalam, rawat inap untuk kelas 3 dan kelas 1, pelayanan,  rontgen, laboratorium, kebidanan dll.

"Masalah yang dihadapi adalah terutama SDM yaitu belum ada spesialis yang tetap karena yang ada sekarang adalah residen senior spesialis yang kita kontrak.
Selain itu, fasilitas lain yang perlu di lengkapi adalah alat alat kesehatan terutama alat operasi, unit transfusi darah, gedung high care unit, gedung jenazah, ambulance air, mushalla dan pendukung lainnya," ungkap Afrizal.

Afrizal berharap supaya keberadaan Rsud Raja musa dipertahankan jangan malah dijadikan sebagai puskesmas atau Rumah Sakit tipe D Pratama. "Karena ada wacana dari Bpjs akan merekomkan Rumah Sakit menjadi tipe D pratama, jadi berharap betul dengan bapak  Sekda supaya Rsud Raja musa ini tetap Rsud Tipe D, jangan sampai turun kelas menjadi puskesmas atau Rumah Sakit  tipe D pratama, kemudian semua kekurangan menjadi prioritas pemda untuk melengkapi nya," tambahnya. (gr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index