Jon Erizal Berdialog dengan Buruh Bangunan

Jon Erizal Berdialog dengan Buruh Bangunan
JE BERSAMA BURUH DI KULIM.

PEKANBARU (RA) - Bakal calon Gubernur Riau H. Jon Erizal, SE, MBA, terus melakukan pendekatan kepada berbagai kalangan. Seperti yang dilakukannya pada Ahad (21/10/2012) malam tadi, di Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru. Putra Riau yang juga Bendahara Umum DPP PAN itu bertemu dan berdialog dengan puluhan buruh bangunan yang tergabung dalam Ikatan Pekerja Pembangunan Riau (IPPR).

Didampingi Sekretaris DPW PKS Riau Suroyo, Sekretaris DPW PAN Riau Herman Gazali, Ketua tim pemenangan Tengku Zulmizan Assagaff dan sekretaris Fendri Jaswir, serta Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Sondia Warman, Jon Erizal lebih banyak mendengar daripada memberikan wejangan. ‘’Saya lebih baik banyak mendengar karena akan menambah pengetahuan saya tentang pensoalan-persoalan yang dihadapi buruh, ‘’ ujarnya.

Ketua DPP IPPR Sudarno mengatakan organisasi yang mereka bentuk bertujuan untuk memperjuangkan hak-hak buruh bangunan yang selama ini kurang terperhatikan. Mereka bekerja siang malam dengan segala resiko, termasuk resiko meninggal dunia karena jatuh dari bangunan bertingkat. ‘’Tapi kami tidak pernah diasuransikan, bahkan upah kami diberikan per hari dalam jumlah yang tidak layak,’’ ujarnya.

Dikatakan, organisasi ini memang baru berdiri beberapa tahun terakhir. Jadi baru terbentuk di beberapa kabupaten/kota. Namun di Pekanbaru sudah sampai ke kecamatan-kecamatan dengan total anggota 3.500 orang. ‘’Sumberdaya manusia kami memang rendah karena pendidikannya juga rendah. Namun kami juga tak ingin menjadi sapi perahan dari kontraktor-kontraktor bangunan. Kami juga punya anak dan istri yang juga menginginkan masa depan yang lebih baik,’’ tuturnya.

Ketua DPC IPPR Kota Pekanbaru, Khairul Rizal menambahkan bagi mereka yang paling penting adalah jaminan kesehatan dan keselamatan bagi pekerja. Sejauh ini belum ada jaminan tersebut dari kontraktor atau pemborong. Ada tawaran untuk menjadi anggota Asuransi Kesehatan Sosial (Askesos), tapi belum dapat diurus karena keabsahan organisasinya. Begitu pula dengan nilai pengupahan, belum ada standarisasi. ‘’Jika Pak Jon jadi gubernur, mohon hal ini diperjuangkan,’’ ujarnya.

Bakal calon Gubernur Riau yang diusung PAN dan PKS, Jon Erizal akan membantu memperjuangkannya meskipun belum menjadi gubernur. ‘’Buruh adalah etalase suatu bangsa. Tak ada suatu negara yang maju tanpa peran buruh,’’ ujarnya.

Karena itu, Jon akan berkordinasi dengan pemerintah daerah dan Menteri Sosial. Wakil ketua DPRD Pekanbaru Sondia Warna juga akan membantu keluhan lain seperti beras raskin dan pungutan liar pengurusan e-KTP. (RA/rls)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index