Topan Chaba yang Hantam Korsel Bergerak Menuju Jepang

Topan Chaba yang Hantam Korsel Bergerak Menuju Jepang
Topan Chaba di Korsel
RAGAM (RA) - Tokyo,Topan Chaba telah memicu terjadinya banjir bandang di Korea Selatan (Korsel) bagian selatan. Kini topan tersebut bergerak menuju Jepang.
 
Seperti dilansir AFP, Rabu (5/10/2016), peringatan akan hadirnya badai dan hujan lebat itu telah disampaikan. Badai tersebut bergerak ke utara-timur laut Pulau Tsushima dekat Kyushu selatan, Jepang. Menurut badan meteorologi Jepang, kecepatan topan itu mencapai 180 kilometer per jam. 
 
Badan meteorologi pun mengeluarkan peringatan waspada kepada masyarakat Jepang. Diprediksi akan muncul hujan lebat, gelombang laut tinggi dan banjir, yang meliputi sebagian besar wilayah Jepang bagian barat.
 
Badai diperkirakan juga akan mencapai Pulau Honshu, Jepang pada Rabu (5/10) malam. Hingga akhirnya akan berpindah ke Samudera Pasifik pada Kamis (6/10).
 
Munculnya topan Chaba ini juga turut berdampak kepada penerbangan di Jepang. Maskapai penerbangan Jepang telah membatalkan setidaknya 108 penerbangan domestik.
 
Pada awal pekan lalu, badai juga menerjang Okinawa yang ada di Jepang bagian selatan. Saat itu terjadi kerusakan kecil dan memaksa batalnya ratusan penerbangan.
 
Jepang memang rutin diterjang badai. Sebanyak 22 orang tewas ketika Topan Lionrock menerjang negara 'Matahari Terbit' ini di bulan September. Sementara pada bulan sebelumya, beberapa orang juga tewas ketika Topan Malaka menerjang.
 
Sebelumnya diberitakan Topan Chaba menerjang wilayah Korsel. AFP melansir, Kementerian Keselamatan Publik Korea menyatakan 2.500 sekolah di wilayah selatan Korsel terputus aliran listriknya.
 
Ketika menerjang daerah Jeju yang merupakan wilayah pulau paling selatan di Korsel, topan itu melaju dengan kecepatan 200 kilometer per jam. Dari foto yang didapatkan, terlihat topan tersebut membawa dampak yang besar.
 
Jalanan di Jeju dilanda banjir akibat air sungai yang meluap setelah hujan deras. Mobil-mobil juga bertumpuk karena terbawa arus yang kencang. Di pelabuhan di Busan, seorang buruh tewas tertimpa crane. Dilaporkan juga ada tiga orang yang hilang. (detik.com)
 
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index