Kapolres Kampar Ajak Ninik Mamak Bersinergi

Kapolres Kampar Ajak Ninik Mamak Bersinergi
acara ngobrol bareng polisi yang ditaja polres kampar

KAMPAR (RA) - "Duduk sendiri bersempit sempit, duduk bersama berlapang lapang" pepatah adat tersebut menjadi pedoman pentingnya silaturahmi antara pihak kepolisian bersama masyarakat dan Ninik Mamak sebagai program "Ngobrol Bareng Polisi" dalam Rangka Penguatan Harkamtibmas diwilayah Kabupaten Kampar.

Acara yang berlangsung di kantor Lembaga Adat Kampar(LAK) di jalan A.yani Bangkinang kota kemarin Sore, langsung dihadiri Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK, Kasat Intelkam AKP Supriadi, AKP Rengga SiK yang akan menjabat sebagai Kasat Binmas Polres Kampar, Ketua LAK Kampar H. Ramli Datuk Permata Said, Para Datuk Kenegerian Limo Koto yang diwakili oleh 12 orang yang terdiri dari Kenegerian Kuok, Kenegerian Salo, Kenegerian Bangkinang, Kenegerian Air Tiris dan Kenegerian Rumbio.

Kapolres Kampar dalam sambutannya mengajak Ninik Mamak dan Tokoh Masyarakat untuk bersinergi dalam menjaga dan memelihara kamtibmas diwilayah Kabupaten Kampar.

Kapolres juga menjelaskan tentang empat Pilar Kamtibmas tingkat dasar yaitu Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Tokoh Masyarakat yang mempunyai peranan penting dalam menjaga stabilitas Kamtibmas.

"Bila Empat Pilar ini bersinergi maka kerukunan masyarakat dan stabilitas Kamtibmas akan selalu terjaga di kawasan kita ini," ujarnya

Ditambahkan Kapolres, bahwa dukungan semua komponen masyarakat termasuk para Datuk dan Ninik Mamak sangat dibutuhkan guna mewujudkan situasi aman dan kondusif.

Kapolres berharap agar forum silturahmi ini dapat terus terpelihara dan berkelanjutan, dan juga dapat dikembangkan dengan membentuk forum komunikasi antara aparat Kepolisian dengan Ninik Mamak serta Tokoh Masyarakat pada tingkat desa dan kecamatan.

Pada kesempatan pertemuan ini juga diadakan sesi tanya jawab antara Kapolres Kampar dengan Para Datuk dan Ninik Mamak yang hadir, terkait masalah pemeliharaan Kamtibmas serta masalah lain yang dihadapi warga masyarakat.

Kegiatan Ngobrol Bareng Polisi yang merupakan program inovasi Polres Kampar ini, sejak digulirkan beberapa waktu waktu lalu mendapat respon positif dari masyarakat kabupaten Kampar, hal ini terlihat langsung dari antusias masyarakat serta respon yang disampaikan.

"Semoga hal ini dapat berkontribusi dalam upaya peningkatan pemeliharaan Kamtibmas," pungkas Kapolres. (malik)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index