Hari ini DPRD Pekanbaru Gelar Dua Paripurna Sekaligus

Hari ini DPRD Pekanbaru Gelar Dua Paripurna Sekaligus
Wawako Bacakan Jawaban LKPJ Akhir Jabatan Pekanbaru

PEKANBARU (RA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru, Jum'at (30/9) menggelar dua agenda rapat paripurna sekaligus bersama Pemerintah Kota Pekanbaru. Pelaksanaan kedua agenda paripurna tersebut berjalan lancar tanpa adanya instruksi dari 24 anggota legislatif yang hadir.

Dalam agenda pertama Pembahasan Rapat Paripurna ke 7 masa sidang ketiga tahun 2016, Dalam penyampaian jawaban pemerintah terhadap pendangan umum fraksi DPRD Kota Pekanbaru tentang keterangan pertanggungjawaban akhir masa Jabatan kepala daerah Kota Pekanbaru 2012-2017 dan agenda kedua Paripurna ke 8 masa sidang ketiga tahun 2016 mmbahas tiga Rencana Peraturan Daerah (Ranperda) Pemerintah Kota Pekanbaru.

Dalam agenda paripurna tersebut dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Sigit Yuwono sementara dari Pemerintah Kota sendiri dihadiri Wakil Walikota Pekannbaru, Ayat Cahyadi yang didampingi beberepa kepala SKPD dilingkungan Pemko Pekanbaru.

Agenda paripurna yang pertama dimnulai sekitar pukul 10.30 WIB, dalam hal ini Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi menjawab seluruh pernyataan fraksi pada agenda paripurna sebelumnya, yakni terkait keterangan pertanggungjawaban penyelesaian persoalan-persoalan seputar Pembangunan di Kota Pekanbaru.

"Terkait hal ini kita hanya menyampaikan jawaban atas pandangan umum fraksi yang disampaikan beberapa waktu lalu, Pemko Pekanbaru tentunya sangat mengapresiasi pandangan umum yang disampaikan. Karena pada umunya mereka menilai baik," ujar Politisi PKS tersebut usai rapat Paripurna kepada wartawan.

Lebih lanjut disampaikannya, selama Firdaus Ayat menjabat sebagai kepala daerah, ia mengklaim telah berhasil menurunkan angka kemiskinan. "Ini bisa dilihat data yang telah dirangkum BPS, angka kemiskinan Pekanbaru terbukti menurun. Untuk hal lainnya terkait dengan infrastruktur juga telah terjawab," sebutnya.

Usai paripurna ketujuh, dilanjutkan dengan paripurna kedelapan yang membahas tiga Ranperda Kota Pekanbaru. Diantaranya pertama ranperda soal Prolegda retrbusi penegendalian menara telekomunikasi, kedua Ranperda pencegahan dan peningkatan kualitas pada pemukiman dan perumahan kumuh, ketiga ranperda penyertaan modal kepada BUMD.

Sementara itu, terkait dengan tiga Ranperda yang tekah disampaikan Pemko Pekanbaru kepada DPRD Kota Pekanbaru, Sigit megatakan akan membahasnya dalam waktu dekat.

"Rencana minggu kedua Oktober kita akan mulai bahas tiga ranperda itu," sebutnya. (DWI)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index