DPRD Kembali Desak Pemko Pekanbaru Meterisasi Lampu PJU

DPRD Kembali Desak Pemko Pekanbaru Meterisasi Lampu PJU
ilustrasi

PEKANBARU (RA) -  Walaupun sudah diwacanakan dan diusulkan berkali-kali, ternyata niat untuk memeterisasi semua lampu penerangan jalan umum (PJU) di Kota Pekanbaru belum juga terealisasi. DPRD berencana untuk mengusulkannya lagi.

"Memang sampai saat ini lampu PJU di kota Pekanbaru belum menggunakan meterisasi oleh pihak Pemko Pekanbaru. Hal inilah yang membuat pemborosan anggaran untuk pembayaran listrik lampu PJU," ujar Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Roni Amriel, Jum'at.

Maka untuk mengatasi agar pemborosan anggaran tidak terus terjadi, maka DPRD meminta Pemko Pekanbaru segera merealisasikan untuk memeterisasi semua lampu PJU di Kota Pekanbaru. Sehingga pemakaian listrik untuk lampu tersebut terukur dan pembayarannya tidak main tebak-tebak saja.

Sebab, lampu PJU yang tidak dimeterisasi pembayarannya akan tetap sama meskipun lampu itu tidak hidup. Maka ketika lampu PJU dipasangi meteran, maka pemakaian akan terukur dan pemko cukup membayar dengan nominal pemakaian yang tertera di meteran lampu itu nantinya.

"Sekarang kan baru Zona Satu yakni di Kecamatan Tampan yang menggunakan meterisasi, namun pada Zona Dua, Tiga dan Empat belum menggunakan meterisasi. Memang belum ada anggaran yang diperuntukan untuk meterisasi, untuk itu nantinya kita dari Komisi IV DPRD kota Pekanbaru akan mengusulkan ke Badan Anggaran supaya menganggarkan untuk meterisasi pada 2017," ujar Roni.

Dengan adanya program meterisasi terhadap lampu PJU ini, sebut Roni, paling tidak pemerintah kota Pekanbaru bisa berhemat dalam pembayaran listrik. "Biasanya pembayaran listrik mencapai Rp72 miliar setiap tahunnya, paling tidak dengan menggunakan meterisasi listrik pembayaran bisa hemat 50 persen dan ditambah lagi dengan menggunakan lampu hemat energi," sebut Roni.

Kedepannya, pemerintah kota Pekanbaru melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pekanbaru diminta memiliki program bagaimana anggaran untuk pembayaran listrik lampu PJU bisa berkurang.

"Kalau semua zona sudah memakai meterisasi, pemakaian daya listrik lampu PJU bisa terukur sehingga tidak lagi terjadi pemborosan anggaran untuk pembayarannya nanti," tuturnya. (MAD)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index