Data Keluarga Miskin Meningkat

Penyaluran Sembako Murah Tunggu APBD Perubahan

Penyaluran Sembako Murah Tunggu APBD Perubahan
ilustrasi

SIAK (RA) - Kalau berdasarkan data yang dikeluarkan PUPS Tahun 2015, penduduk miskin di Kabupaten Siak terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Sementara disaat ekonomi sekarang ini lagi inflasi Pemerintah Daerah juga harus memperhatikan skala prioritas kondisi ekonomi mereka.

"Kalau kita mengacu kepada data PUPS sebelumnya, penduduk Kabupaten Siak yang masuk di dalam ketagori miskin hanya berjumlah 17.300 rumah tangga sasaran saja. Tapi setelah keluar data PUPS Tahun 2015, jumlah penduduk miskin meningkat tajam mencapai angka 20ribu lebih rumah tangga sasaran," terang Kadis Perindag UKM Kabupaten Siak, Drs H Wan Bukhari MSi kepada RiauAktual.com, kamis.

Terkait dengan program sembako murah berupa 10 kilogram beras, 4 kilo gula dan 2 liter minyak goreng yang setiap Tahun dialokasilan Pemerintah Kabupaten Siak untuk meringankan beban masyarakat, yang masuk didalam ketagori masyarakat miskin yang berhak mendapatkan paket sembako murah tersebut.

Apalagi disaat ini kondisi ekonomi seperti sekarang lagi sedang  berada didalam situasi inflasi, sementara program untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat melalui paket sembako murah itu tadi, berupa  tiga jenis kebutuhan pokok tersebut sudah merupakan program Tahunan.

Seharusnya program paket sembako murah sebenarnya kalau mengacu kepada Tahun 2015 sebenarnya harus sudah disalurkan,tapi dikarenakan Pemerintah Daerah juga harus melihat juga dulu perkembangan dan perjalanan keuangan Daerah yang juga tergolong dalam keadaan sulit yang terjadi sekarang ini.

"Oleh sebab itulah untuk memastikan penyuran program paket sembako murah ini kita masih menunggu hasil dari perubahan anggaran 2016, nanti setelah itu baru dilaksanakan,yang jelas tetap menunggu duitnya ada atau tidak untuk itu program paket sembako murah tersebut," sebut Wan Bukhari. (jas)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index