Mana yang lebih baik, makan secara cepat atau lambat?

Mana yang lebih baik, makan secara cepat atau lambat?
ilustrasi
RAGAM (RA) - Dalam upaya menjaga kesehatan tubuh, tak cukup hanya dengan pemilihan menu makanan yang sehat. Kamu juga harus memperhatikan pola makan serta cara makan. 
 
Cara makan terlalu cepat seperti yang kebanyakan dilakukan oleh orang urban masa kini ternyata tidaklah baik untuk kesehatan. Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, makan secara cepat bisa menyebabkan penyakit gastroesophageal reflux. Penyakit ini bermula dari naiknya asam lambung akibat proses mencerna yang tidak sempurna. Dalam beberapa kasus yang serius, penyakit ini juga bisa mengakibatkan penyempitan kerongkongan yang membuatmu kesulitan untuk menelan sesuatu.
 
"Selain gastroesophageal reflux, makan secara cepat mampu membuatmu mengalami kembung dan cegukan karena saat makan dengan cepat, kamu juga menelan banyak udara," ungkap penelitian ini.
 
Karena makan dengan cepat dapat memberikan banyak masalah kesehatan, maka kamu disarankan untuk makan secara perlahan. Berikut adalah beberapa keuntungannya.
 
Mengurangi stres
 
Ketika kamu makan dengan perlahan, maka kamu hanya berkonsentrasi dengan makanan yang sedang kamu konsumsi. Dengan mengonsumsinya secara perlahan, kamu bisa menikmatinya secara menyeluruh yang pada gilirannya akan membuatmu merasa bahagia dan bebas dari stres.
 
Meningkatkan kesehatan pencernaan
 
Makan dengan perlahan berarti kamu menggiling atau mencerna makananmu dengan baik. Dan saat proses ini terjadi, daya pencernaanmu juga akan bertambah.
 
Menurunkan berat badan
 
Ketika kamu makan dengan cepat, kamu akan terus menambah porsi makananmu. Akibatnya kamu jadi tidak sadar bahwa kamu sudah makan banyak. Namun saat kamu makan dengan perlahan, kamu memiliki banyak kesempatan untuk memahami makanan yang kamu konsumsi. Sehingga kamu hanya makan secukupnya dan berat badan bisa terjaga.(merdeka.com)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index