Pramuka Harus Peduli Lingkungan

Pramuka Harus Peduli Lingkungan
Peserta pelatihan satgas peduli pramuka foto bersama Kadispora Riau Eddie Yusti usai pembukaan di Baliview Luxury Hotel Pekanbaru

PEKANBARU (RA) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau menggelar Pelatihan Satuan Tugas Pramuka Peduli Provinsi Riau Tahun 2016. Kegiatan yang diikuti  25 yang berasal dari Kabupaten/Kota di Provinsi Riau dan 10 orang dari KNPI Provinsi Riau ini dibuka oleh Kadispora Riau, Eddie Yusti di The Baliview Luxury Hotel (Jimbaran Hotel) Jalan Jenderal Sudirman Putri Indah, Simpang Tiga.

Kegiatan ini berlangsung selama lima hari dari 4-8 September. Selain materi di di The Baliview Luxury Hotel (Jimbaran Hotel) Jalan Jenderal Sudirman Putri Indah, Simpang Tiga, peserta juga ikut praktek lapangan di Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru.

Instruktur/Narasumber pada kegiatan ini adalah Pejabat Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau, Kwarda 04 Riau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau, Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Badan SAR Pekanbaru, PMI Riau, Manggala Agni Riau, Dinas Pemadam Kebakaran Pekanbaru, Dinas Sosial Provinsi Riau dan ORARI.

"Kegiatan merupakan salah satu usaha pemerintah untuk pembinaan pramuka agar kelak akan menjadi orang-orang yang memiliki kecerdesan emosional dan spiritual serta peduli terhadap lingkungannya," ujar Kadispora Riau, Eddie Yusti, Selasa (26/9).

"Melalui Pelatihan Satuan Tugas Pramuka Peduli inilah kelak akan muncul pemuda yang tanggap dan peduli terhadap lingkungannya, baik itu dalam menanggulangi bencana maupun mengantisipasi dini timbulnya suatu bencana," tambahnya.

Pelatihan Satuan Tugas Pramuka Peduli tahun 2016 ini adalah merupakan program Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau bekerjasama dengan Kwartir Daerah 04 Pramuka Provinsi Riau, dan untuk tahun ini adalah merupakan yang kelima setelah dengan baik kita laksanakan pada tahun 2012, 2013, 2014 dan 2015 dengan jumlah 25 orang pramuka setiap tahunnya dari berbagai tingkatan.

"Kita mengharapkan untuk tahun 2016 ini akan terbentuk Satuan Tugas Pramuka Peduli sebanyak 100 orang yang dapat mengabdikan dirinya untuk peduli terhadap lingkungannya baik itu bencana maupun sikap kepeloporan, kesukarelawanannya ditengah-tengah hidup bermasyarakat khususnya dikalangan pemuda," tambah Kabid Pemuda Dispora Riau, Baikal.

Baikal menambahkan tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan generasi muda khususnya pramuka dalam rangka menumbuhkembangkan semangat jiwa patriotisme dan kepedulian, meningkatkan kapasitas dan kualitas Sumber Daya Pramuka dalam mengisi pembangunan, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam mengantisipasi tanggap darurat bencana dengan baik serta membangkitkan semangat kepeloporan dan kemandirian pramuka dalam mempersiapkan kader bangsa yang bermartabat. (nik)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index