Tips Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok

 Tips Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok
(Ilustrasi int)

Rokok adalah sebuah masalah bagi kesehatan. Perokok sejati pasti kesehatanya tidak akan terjamin , karena rokoknya sendiri bilang “MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN SERANGAN JANTUNG , HIPETENSI , GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN”. Tapi kok masih saja merokok tanpa pandang akibat….Bahkan bagi yang menghisap asap rokok bisa mendapatkan dampaknya juga,  tetapi masih saja banyak pecandu rokok yang tak henti-hentinya menghisap rokoknya secara berlebihan, bahkan di tempat umum .

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan  seseorang menjadi pecandu rokok , bisa dari lingkunganya, keinginan tersendiri dll. Tetapi hal yang paling banyak menyebabkan seseorang bisa merokok yaitu dampak lingkungan sekitarnya , misalkan ada seseorang yang bukan pecandu rokok, di bawa temanya untuk merokok, orang itu suatu saat pasti akan menjadi perokok juga karena bujuk hasut temanya itu.

Terkadang bagi pecandu rokok berpikir , bagaimana cara untuk menghilangkan kebiasaan buruknya ini. Nah ,, saya memiliki beberapa tips-tips untuk menghilangkan kebiasaan merokok:

1. Mulailah untuk mengurangi batang-batang rokok anda. Misalkan dalam satu hari anda menghisap 3 batang rokok , usahakan lah untuk menguranginya menjadi 1 atau 2 batang saja . Atau dalam 1 bungkus kurangilah 1 batang rokok dalam sehari.

2. Lakukan lah hal-hal yang berguna , contohnya berolah raga . (joging, sepeda santai dll)

3. Sering-seringlah untuk mnghisap gula batu atau permen . Kalau muncul keinginan anda untuk merokok muncul , cepat-cepatlah melakukan ini.

4. Kuatkan tekad anda untuk menghilangkan kebiasaan merokok. Coba-cobalah mencari buku atau majalah yang ada kaitanya dengan dampak-dampak rokok, dengan tekad diri sendiri pasti kebiasaan ini akan menghilang dengan sendirinya.

5. Jauhilah lingkungan anda yang banyak orang yang suka merokok, karena kalau anda melihat orang banyak merokok . Maka kebiasaan anda ini akan kambuh

6. Tambahan dari pak agus. Penyebab orang merokok adalah karena rokok itu enak dan mengasyikkan. Nah, di saat pusing atau stress masalah pekerjaan, rokok seolah menjadi penawarnya. Dengan menghisap rokok, pikiran jadi tenang dan santai, ujung2nya masalah jadi mudah terpecahkan. Itu cuma salah satu alasan kenapa kita merokok…. jadi poin selanjutnya agar bisa menghilangkan kebiasaan merokok adalah kita harus memaksa diri kita untuk tidak merokok. Caranya adalah dengan menghilangkan enaknya merokok, dengan mengganti rokok yang kita hisap dengan rokok yang tidak enak / tidak kita sukai.

Inilah beberapa tips yang bisa saya berikan , semoga bermanfaat.(agus)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index