Gubri Dukung Pembukaan Prodi Baru di UIR

Gubri Dukung Pembukaan Prodi Baru di UIR
Gubri H ARsyadjuliandi Rachman Hadir sekaligus memberikan sambutan pada Rapat Senat Terbuka Universitas Islam Riau Dalam Rangka Pelantikan Wisuda Peri

PEKANBARU (RA) - Sebagai salah satu Universitas swasta di Perovinsi Riau, Universitas Islam Riau (UIR) telah memberi kontribusi berarti dalam melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) Riau berkualitas. Rencana UIR untuk menambah sejumlah Program Studi (Prodi) baru patut didukung.

"Untuk itu, kita berharap UIR bisa terus dan bisa lebih bagus dan intens lagi dalam menciptakan SDM Riau berklualitas, sebagai bagian mendukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mensukseskan program pembangunan, penambahan Prodi adalah bagian dari itu, dan kita sangat mendukungnya," kata Gubernur Riau H Arsydjuliandi Rachman, saat menghadiri acara Wisuda Sarjana ke-70 dan wisuda Program Pasca Sarjana ke-33 UIR, kemarin, di GOR Voli Indoor UIR.

Andi Rachman mengatakan, Pemerintah Provinsi Riau memberi perhatian utama terhadap bidang pendidikan ini, khusus dengan Perguruan Tinggi, selain memberikan bantuan untuk kelengkapan sarana prasarana kampus, Pemprov Riau juga memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi dan juga untuk mereka yang kurang mampu.

"Para guru dan dosen juga kita berikan program beasiswa, ini tak lain adalah untuk terus meningkatkan mutu mereka, sehingga mampu menghasilkan SDM Riau berkualitas, mampu bersaing secara nasional bahkan internasional," pungkasnya.

Kepada para wisudawan, Plt Gubernur berpesan agara dapat mengembangkan ilmu yang diperoleh dibangku kuliah ketika berada ditengan masyarakat, dan hendaknya bisa berkotribusi dalam mensukseskan program pembangunan Provinsi Riau.

"Jangan terpaku hanya ingin menjadi Pegawai, alangkah lebih baik kalau saudara-saudara mampu menciptakan lapangan kerja, sehingga bisa membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran," himbaunya.

Sementara, Rektor UIR Prof Dr H Detri Karya SE MA, sebelumnya mengatakan bahwa untuk pengembangan akademik, tahun ini menurut Detri, UIR telah mengajukan Program studi baru ke Dikti yaitu Program Studi Kedokteran Gigi, dan telah disetujui oleh Dikti Prodi Kimia, dan Prodi PGSD sedangkan Prodi S3 Ilmu Hukum dan S2 Manajemen, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Perbankan Syariah, dan Hubungan Internasional serta beberapa prodi lainya sedang proses pengajuan pada bulan Desember.

"Kami mohon do’a agar cita-cita pendirian prodi baru ini dapat berjalan lancar untuk oprasional pada tahun depan. Tahun ini telah menerima mahasiswa baru untuk Prodi PGRA," ungkapnya.

Detri menyebut, saat ini peringkat akreditasi UIR adalah B sedangkan peringkat akreditasi Prodi, dari 36 prodi 34 sudah terakreditasi A dan B. Sisanya 2 prodi akreditasi C, itu pun merupakan prodi baru di UIR. Pada akhir tahun ini pihaknya menargetkan 99 persen akreditasi di UIR peringkat A dan B.

Rektor dalam kesempatan itu juga menyampaikan bahwa UIR saat ini juga tengah menjalankan program kampus hijau atau green Campus, untuk mewujudkan hal itu UIR mendapat dukungan dari berbagai pihak dalam penyediaan sepeda, yakni 44 unit sepeda dari Bank Syariah Mandiri dan akan di terima 46 unit dari Bank Negara Indonesia.

Sementara pada Wisuda sarjana Periode III Tahun 2016 hari ini, UIR meluluskan Pascasarjana Magiter (S-2) sebanyak 45 orang. Sarjana Strata (S-1), sebanyak 1.140 orang, yang secara keseluruh berjumlah 1.185 orang. Jumlah Alumni UIR sampai saat ini sebanyak 43.203 orang. (nik)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index