Sabtu, 1.185 Mahasiswa UIR akan Diwisuda

Sabtu, 1.185 Mahasiswa UIR akan Diwisuda
wisuda diploma UIR

RIAU (RA) - Universitas Islam Riau (UIR) kembali meluluskan 1.185 alumni program diploma, sarjana dan program magister pada wisuda sarjana ke-70 dan pascasarjana ke-33 yang akan dilaksanakan pada 24 September besok. Rencananya prosesi wisuda tetap dilaksanakan di tempat biasa, yakni di Gelanggang Olah Raga (GOR) Indoor Volley UIR.

Berdasarkan data dari Universitas Islam untuk wisuda diploma, sarjana dan pascasarjana periode tiga tahun 2016, dari 1.1.85 lulusan yang akan diwisuda, fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) masih menjadi fakultas yang paling banyak meluluskan alumni pada wisuda kali ini, yakni dengan jumlah lulusan 633 lulusan, kemudian diikuti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) sebanyak 118 lulusan, dan urutan ketiga fakultas terbanyak yang melahirkan lulusan adalah Fakultas Ekonomi (FEKON) yakni sebanyak 115 lulusan.

Sementara fakultas lainnya berturut-turut, yakni Fakultas Teknik sebanyak 107 lulusan, Fakultas Hukum 55 lulusan, Fakultas Psikologi 44 lulusan, Fakultas Pertanian 43 lulusan dan Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) sebanyak 14 orang lulusan.

Sedangkan dari Pascasarjana meluluskan 45 magister, yang terdiri dari Program S2 Ilmu Hukum sebanyak  19 orang lulusan, Program S2 Ilmu Administrasi 18 orang lulusan, Program S2 Ilmu Pemerintahan 4 lulusan, program S2 Teknik Sipil 3 orang lulusan dan program S2 Manajemen Agribisnis wisuda kali ini hanya meluluskan satu orang alumni.

Bila dibandingkan dengan wisuda periode lalu jumlah wisudawan periode ini sedikit menurun. Dimana periode bulan Maret lalu jumlah wisudawan mencapai 1.357 lulusan.

Rektor UIR, Prof. Dr. Detri Karya, SE., MA, Kamis (22/9) berkata, bahwa UIR setiap tahunnya UIR melakukan wisuda sebanyak tiga kali, yaitu di bulan Januari, Maret dan bulan September. Rata-rata dalam  satu tahun hampir sekitar 4000 mahasiswa yang diluluskan baik dari program diploma, sarjana ataupun pascasarjana.

"Rata-rata setiap kali wisuda selalu diatas angka seribu orang. Untuk wisuda besok ini jumlahnya mencapai seribu seratus lebih. Sedangkan jumlah alumni kita keseluruhan sudah mencapai 43.203 orang," katanya.

Sementara itu, untuk pemuncak wisuda tingkat universitas adalah atas nama Syabdan Dalimunte dari program studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,98. Sedangkan jumlah lulusan dengan IPK diatas 3,70 sebanyak 58 orang.
Rektor UIR, mengharapkan lulusan UIR yang akan di wisuda nantinya, dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama di UIR. "Kita berharap apa yang diperoleh selama menemuh pendidikan di UIR dapat digunakan dengan baik baik untuk diri sendiri maupun untuk masyarakat," katanya.

Rektor UIR juga menambahkan, bahwa tahun ajaran baru 2016-2017 jumlah mahasiswa yang lulus seleksi masuk UIR mencapai 7.515 mahasiswa sedangkan yang mendaftar mencapai 8.467 orang.

"UIR melakukan seleksi yang ketat  hampir seribu orang yang kita tidak terima tahun ini. Jadi kalau ditotalkan jumlah mahasiswa UIR saat ini mencapai 29.000 orang," ujarnya.(rls)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index