Selamatkan Perairan Dumai

Lanal Dumai Gelar Pasukan Latihan Terpadu VBSS dan SAR

Lanal Dumai Gelar Pasukan Latihan Terpadu VBSS dan SAR
Peserta Latihan Terpadu VBSS dan SAR sedang mengikuti kegiatan gelar pasukan

DUMAI (RA) - Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Dumai melaksanakan gelar pasukan dalam rangka latihan terpadu Visit Boat Search Seasure (VBSS) dan Search and Rescue (SAR) tahun 2016, yang di pusatkan di Mako Lanal Dumai Jalan Yos Sudarso Kecamatan Dumai Timur, Rabu (21/9).

Latihan gelar pasukan terpadu yang dilaksanakan tersebut, bertujuan untuk mempersiapkan dan memantapkan pasukan dalam menjaga dan menjamin keselamatan maritim di wilayah perairan Riau khususnya Dumai. Kegiatan ini dikuti sebanyak 150 personil gabungan TNI AL, Polisi, SAR, Dinas Kesehatan Pelabuhan, Navigasi dan instansi terkait lainnya.

Danlanal Dumai Letkol Laut (P) Muhammad Risahdi kepada awak media mengatakan, kegiatan itu merupakan proses pemantapan kerjasama yang selama ini sudah berlangsung dengan baik. Dan latihan ini adalah momen pemantapan sinergitas lintas instansi guna menjamin keamanan dan keselamatan di wilayah Maritim Dumai.  

Menurutnya, gladi posko sudah dilakukan sejak tiga hari lalu. Namun manuver lapangan baru digelar Kamis ini. Nantinya latihan ini menekankan kecepatan dan kesigapan personel penyelamatan. "Jadi kesigapan terhitung dari komunikasi pertama kontak hingga menuju lapangan. Faktor kecepatan, keamanan dan penyelamatan mesti jadi perhatian," ujar Muhammad.

Ditambahkannya, saat ini yang menjadi kerawanan di perairan Dumai adalah cuaca buruk. Hal ini kerap terjadi jelang akhir tahun, sehingga berdampak pada keselamatan pengguna laut.

Sementara itu, Walikota Dumai, Zulkifli AS dalam sambutannya mengatakan, bahwa sebagai Kota pelabuhan, Dumai juga merasakan  dinamika pelayaran di Selat Malaka. Apalagi lintasan pelayaran di Selat Malaka cukup padat, tentu ada kerawanan keamanan dalam pelayaran. Maka instansi yang bergerak di sektor maritim, mesti optimal dalam menjalankan upaya penyelamatan. Apalagi kecelakaan laut dan pembajakan laut masih menjadi satu permasalahan.

"Pemerintah Kota Dumai sangat mendukung kegiatan ini, apalagi seluruh personel dari lintas instansi ikut terlibat dalam pelatihan sebagai bentuk kesiapan menjaga keamanan dan keselamatan di perairan Dumai," paparnya.

Hadir dalam acara tersebut, Juriyanto (Staf Ahli Bidang Pemerintahan), Gusti Syaiful Bachri (Kepala Basarnas Pekanbaru), Capten Weku Frederick (Kepala KSOP Dumai), Efrizon (Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan), Letkol Tjahjono (Kepala Sekuruti Pertamina RU II Dumai), AKP. Yudi Franata (Kasatpol Air Polres Dumai) dan Direktur RSUD Dumai dr. Syaiful. (rel)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index