Kamis Malam, 400 Personel Tim Yustisi Lakukan Peneriban PKL Pasar Senapelan

Kamis Malam, 400 Personel Tim Yustisi Lakukan Peneriban PKL Pasar Senapelan
ilustrasi

PEKANBARU (RA) - Kepala Badan Satpol PP Pekanbaru, Zulfahmi Adrian mengungkapkan, bahwa pihaknya akan segera menurunkan 400 personel yang tergabung dalam tim yustisi untuk melakukan penertiban pedagang kaki lima pasar senapelan.

"Penetiban PKL pasar senapelan ini dimulai pada Kamis malam hingga jumat," ujarnya.

Zulfhami menyebut 400 personel dari tim Yustisi yang diturunkan ini terdiri dari personel Satpol PP, kepolisian  serta TNI.

"Kalau hanya anggota Satpol PP saja tidak cukup untuk menertibkan PKL ini,  kerena jumlah kita hanya sekitar 200 orang. Sehingga perlu meminta bantuan kepada aparat hukum lainnya seperti polisi dan TNI," ujarnya, ketika ditemui, Rabu (14/9) diruang kerjanya.

Menurut Zulfahmi, pertimbangan dimulainya penertiban pada malam hari untuk menghindari terjadinya bentrok yang besar dengan para pedagang. Sebab jika penertiban dilakukan pada siang hari tentunya akan mendapat penolakan dari pedagang.

“Kalau dari malam, tempat berjualannya pedagang tentu bisa kita jaga. Sehingga pada pagi harinya pedagang tidak bisa membuka lapaknya lagi. Hal ini dilakukan untuk mengindari pecahnya bentok antara pedagang dengan petugas dilapangan," sebut Zulfahmi.

Zulfahmi menambahkannya jika tim sudah berkoordinasi dengan pedagang kaki lima pasar senapelan untuk menargetkan penertiban dilakukan dalam pekan ini di tiga ruas jalan diwilayah Pasar Senapelan yang dijadikan lokasi berjualan pedagang sudah bisa disterilkan. Masing-masing Jalan Teratai, Jalan Seroja dan Jalan Alimudin  Syah.

“Kami berharap upaya penertiban ini bisa dipatuhi oleh pedagang dengan kesadarannya pindah sendiri ke lokasi yang sudah disediakan Pemerintah Kota Pekanbaru,”kata Zulfahmi.

Lebih jauh dikatakan Zulfahmi, untuk mengantisipasi pedagang agar tidak kembali lagi berjualan dilokasi yang dilarang Pemko Pekanbaru pasca penertiban. Pihak Satpol PP akan melakukan patroli rutin di Pasar Senapelan.

"Disamping patroli rutin dipasar Senapelan, anggota Satpol PP akan menjaga lokasi yang ditertibkan ini selama 1 bulan full. Seperti yang pernah kita lakukan di pasar Jongkok Panam," tutupnya. (YAN)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index