Serapan APBD Rendah bukan Karena Pemkab Siak Tak Mampu

Serapan APBD Rendah bukan Karena Pemkab Siak Tak Mampu
apbd

RIAU (RA) - Lambannya serapan APBD Kabupaten Siak tahun anggaran 2016 bukan dikarenakan Daerah tidak mampu, akan tetapi disebabkan lambatnya dana turun dari pusat.

"Dampak dari persoalan tersebutlah membuat Daerah kelabakan dibuatnya, sehingga berimbas kepada serapan APBD kita," terang kepala DPPKAD Siak H Arif Fadillah MSi, melalui Sekretaris DPPKAD Drs H Rozali Jaya MSi, jum'at (9/9).

Sampai saat ini realisasi fisik secara keseluruhannya sudah diatas atas angka 50 persen, sedangkan untuk realisasi keuangan sudah berada di angka 44 persen, untuk memastikan besarnya angka terhadap serapan APBD Kabupaten Siak secara keseluruhan tahun anggaran 2016 ini masih menunggu laporan dari masing-masing SKPD.

Mengapa dia berani berasumsi bahwa realisasi keuangan Kabupaten Siak sudah berada diangka itu, ini berdasarkan banyaknya pencairan anggaran yang telah dilakukan oleh setiap SKPD di lingkungan Pemerintah terus terjadi dilapangan

"Walaupun demikian untuk angka pas berapa sebenar realisasi fisik dan keuangan kita tetap berpedoman kepada hasil RFK nanti, makanya walaupun kita daerah mampu percepatan penggunaan anggaran, jika dana dari pusat turun cukup terbatas mau dibuat macam mana lagi," pungkasnya.

Dia menjelaskan, jika seandainya ada anggaran turun dari pusat yang jumlahnya terbatas, pihak daerah juga dituntut untuk membaginya mana anggaran yang lebih penting untuk dicairkan itu dulu yang dicairkan.

"Walaupun kita punya duit, tapi besarnya anggaran yang akan diturunkan ke Daerah setiap kali ada pencairan diatur oleh pusat, yang nama kita ini dibawah harus manut, sebab didaerah ini tidak bisa berbuat banyak," tambah Rozali. (dr)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index