Jelang MotoGP San Marino 2016

Prediksi MotoGP San Marino 2016 dan Profil Sirkuit Misano

Prediksi MotoGP San Marino 2016 dan Profil Sirkuit Misano
Momen balapan MotoGP Inggris 2016 di Sirkuit Silverstone.
RAGAM (RA) - Sirkuit Misano berlokasi sekitar 11 kilometer dari Bandara Rimini Miramarem atau 78 km dari Bandara Ancona dan berjarak 135 km dari Bandara Bologna.
 
Adapun lomba GP San Marino dibilang misnomer karena balapannya sendiri berlangsung di Italia. Tapi karena titel salah satu seri kejuaraan sudah ada yang bernama GP Italia, dan lokasi treknya dekat dengan San Marino, maka lomba di Sirkuit Misano pun dinamai GP San Marino.
 
Sirkuit Misano sendiri telah berdiri sejak 1972 dan sempat menjadi tuan rumah GP Motor mulai 1981. Setelah perkenalan ulang dengan sejumlah peningkatan konstruksi, fasilitas dan tribun penonton, Misano kembali jadi tuan rumah MotoGP pada 2007.
 
Kini, kapasitas maksimum penonton di Sirkuit Misano ada di angka 60 ribu pasang mata. Dan dalam rangka mempertimbangkan faktor keamanan, lintasan dengan panjang 4,2 km ini melombakan balapan Kejuaraan Dunia GP Motor searah jarum jam.
 
Nah sejak jadi tuan rumah lagi mulai 2007. Boleh dibilang, Yamaha YZR-M1 jadi motor penguasa di Misano. 6 Kemenangan dikemas oleh pabrikan berlambang garpu tala tersebut, dengan Honda kebagian dua gelar serta Ducati satu tropi juara.
 
Apakah itu berarti Yamaha bakal berkuasa lagi di Misano 2016? Apakah salah satu dari Valentino Rossi atau Jorge Lorenzo yang sama-sama telah meraup 3 kemenangan pada lomba kelas bergengsi Misano kembali jadi juara di sana? Atau malah Marc Marquez mengulang kemenangan musim lalu yang berlangsung dalam cuaca campuran kering dan hujan?
 
Akan tetapi, jangan pernah melupakan faktor cuaca. Kalau awan mendung dan cuaca dingin kembali menghinggapi Misano, kans Maverick Vinales mengulang prestasi di GP Inggris akhir pekan lalu cukup besar. 
 
Satu lagi, baik Yamaha maupun Honda benar-benar harus mewaspadai Ducati. Pasalnya, bulan lalu pabrikan asal Borgo Paginale, Bologna itu memilih menggelar tes resmi di Misano, ketimbang bergabung dengan tim-tim utama lainnya dalam tes di Brno. 
 
Seperti diketahui, para petinggi dan pembalap Ducati sudah berkoar mengenai alasan mereka menggelar tes di Misano bulan lalu ketimbang di Brno. Alasan utamanya ialah mereka ingin meraih kemenangan dalam balapan Minggu, 11 September 2016 nanti. (sindonews.com)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index