Tim Akreditasi Nasional Lakukan Penilaian Tiga Puskesmas di Dumai

Tim Akreditasi Nasional Lakukan Penilaian Tiga Puskesmas di Dumai
ilustrasi

DUMAI (RA) - Agar Puskesmas di Kota Dumai dapat menjalankan fungsinya secara optimal maka perlu pengelolaan dengan baik, baik kinerja pelayanan, proses pelayanan, maupun sumber daya yang digunakan serta mendapat mendapat akreditasi. Untuk itu tim dari Kementerian Kesehatan RI telah melakukan penilaian sejumlah Puskesmas yang ada di Kota Dumai guna mendapat akreditasi.

"Tahap pertama, tim telah menilai tiga Puskesmas di Kota Dumai yakni Puskesmas Dumai Barat, Puskesmas Bumi Ayu dan Puskesmas Bukit Kapur," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Dumai, drg. Hermiyati, Senin 5 September 2016.
 
Menurutnya sebanyak 10 Puskesmas di Kota Dumai sudah diusulkan untuk dinilai. Antaranya, Puskesmas Bukit Kapur, Puskesmas Dumai Barat, Puskesmas Bukit Timah, Puskesmas Purnama, Puskesmas Bumi Ayu, Puskesmas Dumai Kota, Puskesmas Jaya Mukti, Puskesmas Sungai Sembilan, Puskesmas Medang Kampai dan Puskesmas Bukit Kayu Kapur.
 
"Pada tahap kedua, tim akreditasi Nasional akan melakukan penilaian di Puskesmas Medang Kampai, Sungai Sembilan dan Puskesmas Purnama. Jadwal penilaiannya pada tanggal 14 sampai 18 September 2016 mendatang,"tuturnya.
 
Dijelaskan Hermiyati, tujuan utama penilaian ini adalah untuk peningkatan mutu pelayanan, manajemen resiko, dan keselamatan pasien yang diterapkan dalam pemberian pelayanan kesehatan yang komperehensif. Selain itu, akreditasi itu penting untuk meningkatkan akses dan kualitas mutu pelayanan kesehatan. Dan akreditasi ini dimaksudkan agar pelayanan di Puskesmas memenuhi standar yang ditetapkan sesuai amanat UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.
 
"Pendekatan yang dipakai dalam akreditasi Puskesmas adalah keselamatan dan hak pasien dan keluarga dengan tetap memperhatikan hak petugas. Prinsip ini ditegakkan sebagai upaya meningkatkan kualitas dan keselamatan pelayanan," jelasnya lagi.

Dia menambahkan, masyarakat tentunya menghendaki pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu serta dapat menjawab kebutuhan yang dinginkan. Dan penilaian keberhasilan terhadap peran dan fungsinya perlu dilakukan oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar yang ditetapkan dan mekanisme akreditasi.

"Tim penilai Akreditasi Nasional sudah melakukan survey atau pemotretan langsung di tiga Puskesmas tersebut dan akan segera melakukan penilaian di Puskesmas lainnya, dilapangan tim akan melihat langsung kinerja pelayanan, kinerja program, maupun sumber daya yang digunakan. Mudah-mudahan 10 Puskesmas di Kota Dumai bisa meraih akreditasi," harap Hermiyati. (yus)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index