Waria Asal Jatim Berangkat Haji

Waria Asal Jatim Berangkat Haji
Ilustrasi Jamaah Haji
NASIONAL (RA) - Seorang waria asal Lumajang, Jawa Timur Sutrisnawati (52), berangkat menunaikan ibadah haji dengan Kloter 58/Lumajang, Kamis (1/9). Waria asal Desa Kunir, Kecamatan Jatimulyo itu berangkat dengan KTP laki-laki.
 
"Saya sudah lama ingin menunaikan ibadah haji, tapi kalau saya seperti begini ya takdir, karena itu saya ingin berdoa di Tanah Suci agar menjadi orang yang sholeh, bukan sholewati," katanya tersenyum ditemui menjelang keberangkatan dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya.
 
Sutrisnawati mengaku berangkat ke Tanah Suci dengan KTP laki-laki. "Petugas Imigrasi memeriksa saya dan saya dinyatakan sebagai laki-laki, tapi sepulang dari Tanah Suci," katanya.
 
Menurut perias pengantin itu, dirinya sudah menabung selama 10 tahunan untuk mewujudkan menunaikan ibadah haji. "Saya berangkat sendiri, saya gabung dengan tetangga di desa," katanya.
 
Soal doa yang dipanjatkan di Tanah Suci, Sutrisnawati mengaku akan memohon diberikan keselamatan dunia dan akhirat, termasuk kemantapan menjadi laki-laki. "Saya berangkat sendiri, saya mandiri. Saya menunaikan ibadah haji dengan tetangga," kata waria yang sepintas memang masih memiliki gaya seperti perempuan.
 
Sutrisnawati masuk ke Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada Rabu (31/8) sore dan berangkat ke Tanah Suci pada Kamis (1/9) sore.
 
Pada tahun 2012, ada juga waria asal Jember, yang berangkat menunaikan ibadah haji dengan Kloter 69/Jember, yakni Sutika bin Marwapi (42). Waria yang berdagang di pasar itu kini sudah menjadi haji. (beritasatu.com)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index