Puskesmas Dumai Kota Siap Menuju Akreditasi

Puskesmas Dumai Kota Siap Menuju Akreditasi
Salah satu puskesmas di dumai

DUMAI (RA) - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Dumai Kota terus berbenah untuk mendapatkan akreditasi dengan melaksanakan Loka Karya Mini Lintas Sektor Puskesmas yang merupakan salah satu prosedur untuk mendapatkan akreditasi.

"Akreditasi sangat diperlukan untuk meningkatkan layanan dan menajemen di Puskesmas," kata Kepala Puskesmas Dumai Kota dr. Hidayat saat memberi sambutan pada pembukaan loka karya yang dihadiri pihak Dinas Kesehatan, Camat Dumai Kota Budhi Hasnul, Polsek Dumai Kota, Koramil Dumai Kota, Lurah se-Kecamatan Dumai Kota, Kader Posyandu, dan LPMK serta ketua RT diruang pertemuan Camat Dumai Kota, Rabu (31/8).

Menurut Hidayat, dilaksanakan Loka Karya itu adalah untuk menampung seluruh usulan serta keluhan disampaikan oleh masyarakat. Loka karya merupakan wadah untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat seperti tentang Demam Berdarah (DBD), Penerapan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Kunjungan Posyandu, Lurah Siaga serta tentang kesehatan lainnya.

"Semua indikator tentang kesehatan dipaparkan langsung dihadapan masyarakat, kemudian diberikan persentase juga," sebutnya.

Kedepan, sambung Hidayat, diharapakan keterlibatan masyarakat ikut memperhatikan kesehatan di tenggah-tenggah masyarakat lebih ditingkatkan mengingat masih tingginya kasus DBD yang terjadi.

Menurunnya kegiatan gotong royong di kelurahan, kunjungan posyandu yang masih rendah, PHBS, belum tersedianya Kelurahan Siaga dan sebagainya harus ikut menjadi perhatian masyarakat.

"Menuju Puskesmas Dumai Kota terakreditasi, sudah menjadi komitmen pihak Puskesmas, Kecamatan, Lurah serta lintas sektor lainnya yang ditandai dengan penandatanganan komitment bersama," paparnya.

Menurut Hidayat lagi, tujuan utama akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen risiko, dan bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi.

"Semua prosedur menuju akreditasi telah dipersiapkan dengan matang, termasuk kelengkapan dokument. Diprediksi Oktober 2016 mendatang tim survei dari Provinsi dan Pusat akan turun ke Kota Dumai untuk melakukan penilaian, karena itu perlu dilakukan perbaian-perbaikan," jelasnya.

Hidayat optimis Puskesmas Dumai Kota lolos akreditasi jika semua tim bekerja dengan baik, baik di tingkat manajemen maupun tenaga medis. “Kami tidak kenal lelah bekerja siang dan malam untuk meningkatkan layanan," pungkasnya. (rel)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index