Muncul Fenomena La Nina, Ini Daerah Rawan Bencana di Indonesia

Muncul Fenomena La Nina, Ini Daerah Rawan Bencana di Indonesia
ilustrasi
NASIONAL (RA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menilai fenomena la nina sudah mulai dirasakan di Indonesia pada bulan ini. 
 
Hal tersebut terlihat dari munculnya curah hujan yang tinggi di beberapa daerah Indonesia. Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo mengatakan, munculnya fenomena la nina pada tahun ini dapat mengakibatkan bencana alam seperti banjir dan longsor di sejumlah daerah Indonesia.
 
Mengantisipasi fenomena tersebut, BNPB pun melakukan pemetaan terhadap daerah yang rawan terkena bencana alam. Mayoritas wilayah yang diprediksi dapat terkena bencana banjir adalah daerah dataran rendah. 
 
"Daerah tersebut meliputi Pantai Timur Sumatera, Pantai Utara Jawa, Bengawan Solo, Sungai Cimanuk, Citarum, Ciliwung, dan daerah yang dilintasi sungai besar," ujar Sutopo dalam pesan singkatnya, Selasa (30/8/2016). Sebaliknya, kata Sutopo, daerah yang diprediksi rawan longsor adalah wilayah perbukitan dan pegunungan yang konstur tanahnya mudah ambrol atau tidak kuat menahan resapan air. 
 
"Diprediksi itu yang terletak di Jawa bagian tengah hingga selatan, Bukit Barisan, Sulawesi, dan lain-lain," jelasnya. 
 
Untuk menghadapi bencana tersebut, Sutopo mengungkapkan akan menindaklanjuti pembahasan tersebut didalam rapat koordinasi pada bulan September. "Iya pasti akan dibicarakan dalam rakor nanti September," tukasnya.(okezone.com)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index