Pemko Pekanbaru Enggan Sebut Besaran Pemotongan DAU

Pemko Pekanbaru Enggan Sebut Besaran Pemotongan DAU
Sekda Mohd Noer

PEKANBARU (RA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru saat ini mulai resah. Pasalnya Pemerintah pusat yang akan melakukan pemangkas Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2016.

Sebagaimana diketahui, selama ini DAU merupakan sumber dana terbesar yang diperoleh Pemko Pekanbaru untuk membayar gaji para PNS dilingkungan Pemko Pekanbaru.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, M Noer, mengakui jika pusat bakal melakukan pemangkasan DAU untuk Pekanbaru. Namun berapa besarannya yang dirinya enggan menyebutkan dengan alasan untuk menjaga emosi PNS  Pemko Pekanbaru supaya tetap stabil.

"Berapa sebenarnya belum bisa saya sebutkan, nanti akan timbul responnya bermacam-macam dari teman-teman. Yang penting dipotonglah," kilah M Noer, Selasa (30/8) di kantor walikota.

Menurut M Noer, hingga saat ini para PNS Pemko Pekanbaru masih belum memperoleh tunjangan tambahan penghasilan prestasi kerja (TP2K).  "Sampai saat ini saja, tunjangan kami belum keluar," ujarnya sedikit mengeluh.
 
Ditanya soal apakah dengan pemangkasan DAU oleh pusat ini bisa berakibat akan menurunnya kinerja PNS Pemko Pekanbaru, M Noer menambahkan bahwa hal tersebut tidak perlu terjadi. Pasalnya, selama gaji masih dibayarkan maka PNS harus tetap memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjalan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

"Tidak boleh malas karena itu kewajiban, kalau ada kegiatan maka harus dijalankan. Jangan dijadikan dana sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Sebab evaluasi kinerja juga akan tetap berjalan," imbuhnya. (yan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index