14 Tahanan Polsek Bukit Raya Pekanbaru Kabur

14 Tahanan Polsek Bukit Raya Pekanbaru Kabur
9 Tahanan yang Berhasil Ditangkap Kembali

PEKANBARU (RA) - Kasus tahanan kabur terjadi di Polsek Bukit Raya, Pekanbaru. Sebanyak 14 mencoba melarikan diri, sembilan diantaranya kembali berhasil ditangkap di beberapa tempat yang berbeda.

Piket SPKT di Mapolsek Bukit Raya Pekanbaru dibuat kalang kabut oleh ulah 14 orang tahanan yang melarikan diri dari jeruji besi, Minggu (28/8) pukul 11.30 WIB siang kemarin. Beruntung petugas cepat bertindak dan berhasil menangkap kembali 9 orang dari 14 tahanan yang kabur tersebut. Sedangkan 5 tahanan lainnya sampai malam ini masih diburu.

"Awalnya ada 14 tahanan yang melarikan diri. Tapi saat ini 9 diantaranya sudah tertangkap lagi, sisanya masih dikejar," kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Toni Hermawan kepada riauterkini.com.

Dia menjelaskan, peristiwa kaburnya belasan tahanan itu sendiri berawal ketika salah satu petugas jaga piket SPKT Polsek Bukit Raya, Aiptu Suteri hendak memberikan jatah makanan kepada 33 total tahanan yang berada di dalam sel.

Petugas yang bersangkutan kemudian membuka pintu depan sel dan masuk ke kamar tahanan. Namun saat membuka pintu kamar sel itu, salah satu tahanan bernama Leo tiba-tiba saja mendorongnya hingga terjatuh.

Tahanan tersebut bahkan mencoba lari keluar sel, namun Aiptu Suheri sempat berusaha mencegahnya dengan memegang kakinya. Celah itulah yang selanjutnya dimanfaatkan oleh 13 tahanan lain, mereka membantu Leo sambil menginjak-injak badan Aiptu Suteri yang sudah terjerembab ke lantai. Ke 14 tahanan tersebut (termasuk Leo) kemudian tak menyia-nyiakan kesempatan dan langsung berhamburan ke luar sel.

"Aiptu Suteri lalu berteriak meminta bantuan ke petugas piket yang lain. Saat 14 tahanan itu lari dari pintu depan sel, 2 diantaranya berhasil ditangkap oleh Bripka Hendriyanto dan Brigadir Abdul Hafid. Sedangkan 12 tahanan lagi berhasil lari keluar polsek," bebernya.

Pamen yang akrab dengan sapaan Toher ini menambahkan, pengejaran terhadap belasan tahanan tersebut dibantu juga oleh dua orang personel piket Reserse Kriminal Polsek Bukit Raya, Aiptu Antoni dan Aiptu Usber Sormin. Bekerjasama dengan rekan-rekannya sesama polisi di asrama yang berada di dekat mapolsek, upaya pengejaran yang dilakukan keduanya pun membuahkan hasil. Sebanyak 7 tahanan berikutnya kembali tertangkap di beberapa tempat yang berbeda.

"Pekerjaan kita belum selesai karena masih ada 5 tahanan lagi yang belum tertangkap. Sejauh ini pengejaran dan pencarian terhadap ke 5 tahanan yang kabur tersebut masih dilakukan. Saya juga sudah kerahkan tim Sat Reskrim Polresta Pekanbaru untuk membantu melakukan pengejaran," tutupnya.

Guna memaksimalkan upaya pengejaran terhadap lima dari 14 tahanan yang berhasil melarikan diri, Kapolsek Bukit Raya, Kompol Firman Sianipar SH MH langsung melakukan pengecekan CCTv untuk memastikan ciri-ciri serta identitas kelima tahanan tersebut.

Pantauan di Mapolsek Bukit Raya, Kasat Sabhara dan Kanit Provost Polresta Pekanbaru turut datang ke Mapolsek Bukit Raya untuk melakukan penyelidikan kaburnya 14 tahanan Polsek Bukit Raya saat jam makan siang.

Hingga berita ini diterbitkan, lima dari 14 tahanan berinisial IN, RR, FM, AA dan otak pelaku berinisial LO masih dalam pengejaran. Sedangkan sembilan tahanan lainnya, berinisial MF, PD, AN, PG, EH, EA, GV, AM dan BH sudah diamankan di Mapolsek Bukit Raya.
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index